Sukses

Sekjen Hanura: Mosi Tidak Percaya Oesman Sapta dari 27 DPD

Pengurus Hanura mengajukan mosi tidak percaya kepada sang ketua umum, Oesman Sapta.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Partai Hanura mengajukan mosi tidak percaya kepada sang ketua umum, Oesman Sapta. Mosi tidak percaya itu diklaim berasal dari 27 DPD dan 400 tingkat cabang.

"Mosi tidak percaya yang ada saat ini di dewan pembina, di pengurus harian, itu 27 DPD Partai Hanura seluruh Indonesia dan ada 400 sekian DPC," ujar Sekjen Hanura, Sarifudin Sudding, di Jakarta, Senin (15/1/2018).

Dia mengaku mendapat banyak laporan dan keluhan dari daerah. Terkadang, usulan dan laporan mereka yang disampaikan kepada Oesman Sapta tidak diteruskan ke forum resmi.

"Terkadang tidak dibawa pada forum resmi untuk cari solusi. Tidak terselesaikan," kata Sudding.

Oleh karena itu, Ketua DPP Partai Hanura Dossy Iskandar mengatakan, pihaknya akan menggelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub).

"Kalau pengganti di tengah jalan, melalui munaslub. Diatur dalam AD/ART," ujar Dossy di Jakarta Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketua Umum Dinonaktifkan

Menurut dia, jika ketua umum melanggar AD/ART, maka harus dinonaktifkan dalam rapat partai dan diganti melalui munaslub. Munaslub nantinya harus dihadiri oleh 2/3 DPD dan DPC. Posisi ketua umum sementara akan dijabat pelaksana tugas. 

Mosi tidak percaya diduga disebabkan mandeknya komunikasi di internal Hanura. Selain itu, OSO dinilai tidak mengakomodasi kepentingan daerah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.