Sukses

Aktivitas Mulia Ibu-Ibu PKK di Gresik Mengelola Bank Sampah

Daripada melakukan aktivitas kurang bermanfaat, kelompok ibu-ibu PKK di Gresik ini lebih memilih mengelola Bank Sampah.

Fokus, Gresik - Sekelompok ibu rumah tangga di Gresik, Jawa Timur, berinisiatif mengelola sampah hingga memiliki nilai jual. Warga pun bisa menikmati hasilnya melalui koperasi simpan pinjam.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Senin (15/1/2018), dengan mengendarai motor gerobak sampah, pengelola bank sampah di Desa Meduran Roomo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengumpulkan sampah dari nasabah yang merupakan warga serta anggota PKK.

Ada beragam jenis sampah yang bisa disetorkan, mulai dari sampah bekas air minum kemasan, kardus, sampah plastik, hingga rongsokan. Warga pun telah dibekali ilmu untuk memilah dan memisahkan jenis sampah.

Uang hasil penjualan sampah digunakan untuk berbagai keperluan kelompok PKK, diantaranya, simpan pinjam, perawatan kebersihan taman, pengadaan tong sampah dan dana sosial lainnya.

Bukan hanya nilai ekonomis, pengumpulan sampah ini menjadi upaya untuk menanamkan rasa kepedulian lingkungan bagi warga. Selama lima tahun berjalan, omset usaha Bank Sampah Meduran Bersatu telah mencapai Rp 150 juta per bulan.