BOSF Lepas 4 Orangutan ke Hutan Kalimantan

Oleh Sunariyah pada 13 Jan 2018, 20:34 WIB

Fokus, Jakarta - Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), Nyaru Menteng dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah melepasliarkan 4 orangutan. Pelepasan orangutan ini merupakan lanjutan kampanye Orangutan Freedom dengan target 200 orangutan di 2018.

Seperti ditayangkan Fokus Sore, Sabtu (13/1/2018), sebelum diberangkatkan ke Taman Nasional Bukit Baka, Bukit Raya Kabupeten Katingan, Kalimantan Tengah, 4 orangutan dewasa yang terdiri dari 2 jantan dan 2 betina, yang menempati kandang di pusat rehabilitasi selama 5-7 tahun ini, terlebih dahulu dibius satu per satu lalu dilepasliarkan ke hutan alami.

Ini adalah pelepasan orangutan pertama pada tahun 2018, sekaligus untuk memperingati hari sejuta pohon sedunia pada 10 Januari lalu, yang juga rangkaian kampanye Orangutan Freedom Tahun 2018.

(BOSF) menargetkan 200 orangutan untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Dengan melindungi orangutan, kita turut menjaga kelesatarian hutan yang menjadi faktor utama bagi kualitas hidup manusia.