Kartu Pekerja Diluncurkan, Ini Fasilitasnya untuk Buruh DKI

Oleh Yunizafira Putri Arifin Widjaja pada 12 Jan 2018, 13:31 WIB
Tahun Baru 2018-Sandiaga Uno

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meluncurkan Kartu Pekerja yang diperuntukkan kepada buruh DKI yang penghasilannya setara atau di bawah UMP DKI Jakarta 2018 yaitu Rp 3.648.035.

Nantinya, para pemegang kartu tersebut mendapatkan beberapa fasilitas yang dapat meringankan beban hidup mereka. Salah satunya, dapat bepergian menggunakan Transjakarta (Tj) secara gratis di semua koridor.

"Layanan Tj gratis untuk seluruh pekerja yang (gajinya) UMP. Temen-temen buruh juga bisa berbelanja di Jak Grosir, (jadi) bukan hanya pemegang KJP dan para pedagang PD Pasar Jaya saja (yang bisa belanja di Jak Grosir)," ucap Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Bukan hanya dua fasilitas itu saja, pemegang Kartu Pekerja juga akan mendapatkan subsidi pangan yang cukup besar untuk memenuhi makanan pokok seperti daging sapi, daging ayam, beras dan juga telur.

"Jadi harga daging sapi Rp 35.000 per kilogram, daging ayam Rp 8.000 per kilogram, beras dapat Rp 6.000 per kilogram, telur Rp 12.500 per kilogram," ujar Sandiaga.

 

1 of 2

Menekan Gaya Hidup Buruh

Demo buruh di Balai Kota DKI Jakarta
Demo buruh di Balai Kota DKI Jakarta (Liputan6.com/ Ika Defianti)

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan, diluncurkannya Kartu Pekerja tersebut sebagai salah satu cara dalam memastikan biaya hidup kaum buruh tidak melambung tinggi dan gaji mereka tidak hanya terkuras hanya untuk transportasi dan pemenuhan kebutuhan pangan saja.

"30% (gaji) mereka hanya untuk transportasi. Selain transportasi, 30-35% penghasilan mereka untuk pangan, kita ingin memberikan kemudahan," jelas Sandiaga.

Diluncurkannya Kartu Pekerja ini menurut Sandiaga juga sebagai bentuk keberpihakan Pemprov DKI terhadap kaum yang termarjinalkan.

Harapannya, melalui fasilitas yang diberikan dari kartu tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan kaum buruh kedepannya.

"Bagaimana rekan buruh bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraannya," harap Sandi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Brucewein99Brucewein99

Yaallah mau blg apa lagi ya, buruh kan skg umrnya paling besar, kurang apa lagi coba, sekolahin aja buruh biar bersyukur

aghadsudjanaaghadsudjana

buruh mah ga bakal puas, nanti juga pasti minta naik UMR

kingpardede17kingpardede17

tapi kenapa pada demo mulu ya

Lihat Lainnya