Usai Dioperasi Selama 3 jam, Masa Kritis Akom Tunggu 24 Jam

Oleh Ika Defianti pada 10 Jan 2018, 23:01 WIB
20161205-Akom-JT1

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua DPR Ade Komarudin mengalami serangan stroke. Pria yang karib disapa Akom itu pun menjalani proses operasi selama tiga jam mulai pukul 12.10 WIB sampai pukul 15.00 WIB di di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat.

Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Golkar Ichsan Firdaus menyebut sakit yang diderita oleh Akom akibat kurangnya istirahat. Padahal sebelumnya sudah di peringatkan oleh dokter.

"Sudah disarankan dokter untuk tidur tidak terlalu malam, kebiasaan tidur larut malam jadi seperti ini, prinsipnya Kang Akom kurang istirahat," kata Ichsan, Rabu (10/1/2017).

Ichsan menjelaskan, gejala yang dialami Akom sudah sejak tiga bulan terakhir dan tidak memikirkan waktu untuk istirahat. Sehingga, dia menampik akan adanya kabar Akom sakit akibat jatuh di kamar mandi.

"Kang Akom, saat tadi lagi memang perlu ke rumah sakit untuk check up, tapi beliau tanpa sadar diri di tengah perjalanan. Kemudian langsung diberikan tindakan oleh dokter di RSPAD ini," ujar dia.

Ichsan menambahkan, saat ini Akom tengah dijaga oleh keluarga dan tidak boleh banyak tamu. Untuk masa kritis dapat ditunggu selama 1x24 jam.

"Beliau juga terpisah dari ruangan. Kalau kondisi Pak Akom cuma infus doang, jadi enggak ada yang perlu dikhawatirkan, cuma istirahat saja," jelas Ichsan.

 

1 of 2

Jatuh di Kamar Mandi

20161205-Akom-JT1
Ade Komarudin menerima telpon saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin malam (5/12). Dalam putusan MKD, Akom diberikan sanksi ringan (teguran tertulis), terkait pengaduan Komisi VI. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, mantan Ketua DPR Ade Komarudin dikabarkan mengalami serangan stroke. Kabar itu dibenarkan oleh Politikus Golkar Neil Iskandar Daulay.

"Iya tadi pagi jatuh di kamar mandi. Pembantunya tahunya udah lama," ujar Neil kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Menurut Neil, serangan stroke itu terjadi saat anggota DPR dari Golkar itu sedang berada di dalam mobil. Kala itu ia akan menuju rumah sakit.

"Waktu dibawa ke rumah sakit, terjadi serangan stroke di mobil," kata dia.Neil melanjutkan, tim dokter sedang melakukan tindakan lebih lanjut kepada Ade Komarudin di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Kabar terbarunya sekarang sedang ada tindakan di RSPAD. Ini saya mau nengok dengan Pak Agus Gumiwang. Nanti saya kabari lagi," tutup Neil.

Lanjutkan Membaca ↓