Setnov Akan Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator ke KPK Besok

Oleh Fachrur Rozie pada 10 Jan 2018, 17:15 WIB
Setya Novanto Kembali Diperiksa KPK

Liputan6.com, Jakarta Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP Setya Novanto alias Setnov akan mengajukan diri sebagai pelaku yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) alias justice collaborator (JC).

Menurut tim penasihat hukum Setnov, Firman Wijaya, kliennya akan mengajukan diri sebagai JC kepada KPK di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis 11 Desember 2018 besok. Setnov besok akan kembali menjalani persidangan.

"Iya besoklah finalisasi, dan Pak Novanto sudah lihat draf JC juga," ujar Firman saat dikonfirmasi, Rabu (10/1/2018).

Dengan pengajuan diri sebagai JC, Firman mengatakan Setnov bersedia membongkar pelaku lain dalam perkara korupsi proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu.

"Iya saksi pelaku bekerja sama lah. Pastilah akan mengungkap (pelaku lain)," kata Firman.

Saat ditanya siapa pelaku lain yang akan diungkap oleh Ketua nonaktif DPR itu, Firman tak menjelaskan lebih jauh.

"Belum tahu siapa. cuma itu, draft sedang kami susun," papar dia.

1 of 2

Syarat Jadi JC

Setya Novanto
Terdakwa kasus e-KTP, Setya Novanto, keluar dari Gedung KPK. (Liputan6.com/Rezki Apriliya Isandar)

Sebelumnya, KPK membuka peluang jika Setya Novanto ingin menjadi justice collaborator (JC). Sehingga, Ketua nonaktif DPR itu bisa membongkar siapa saja pihak-pihak yang turut menerima aliran dana dari kasus megakorupsi tersebut.

"Prinsipnya siapa pun yang jadi tersangka atau terdakwa bisa ajukan diri sebagai JC," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu 20 Desember 2017.

Febri mengatakan, menjadi justice collaborator memiliki syarat tersendiri. Salah satunya, harus bersikap kooperarif terhadap penyidik dan bersedia membuka keterlibatan pihak lain dalam kasus e-KTP.

"Apakah SN nanti akan buka peran pihak lain dalam kasus e-KTP. Hal itu tentu perlu dicermati," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓
Conan EdogawaConan Edogawa

moga lbp kena juga

benks andiharybenks andihary

pintar dikitlah bos.. jangan seenaknya buat aturan, kembalilah pada kuhap supaya gak makin jauh cara berfikir kalian itu. justice collaborator itu kesediaan pelaku., bukan terduga atau tersangka, artinya sudah terbukti oleh putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap! itu subjeknya! Dalam Angka 9 SEMA 4/2011 disebutkan bahwa pedoman untuk menentukan seseorang sebagai saksi pelaku yang bekerjasama (Justice Collaborator) adalah yang bersangkutan merupakan salah satu pelaku tindak pidana tertentu yang dimaksud dalam SEMA 4/2011 yaitu tindak pidana korupsi, terorisme, tindak pidana narkotika, tindak pidana pencucian uang, perdagangan orang dan tindak pidana lainnya yang terorganisir dan menimbulkan ancaman terhadap stabilitas dan keamanan masyarakat.

Bang AliBang Ali

akhirnya terbongkar semua