Sukses

Gus Ipul Akui Azwar Anas Mundur dari Pencalonan di Pilkada Jatim

Gus Ipul tidak menampik kabar itu. Juga tidak membenarkan secara gamblang.

Liputan6.com, Surabaya - Jelang dibukanya pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Jawa Timur pada 8 Januari 2018, beredar kabar Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri sebagai pendamping Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gus Ipul mengaku terkejut dengan kabar pengunduran diri Anas tersebut. Namun, dia tidak menampik kabar itu. Juga tidak membenarkan secara gamblang

"Nanti Pak Anas sendiri yang akan mengatakan mengenai pengunduran dirinya," tutur Gus Ipul di Surabaya, Kamis (4/12/2017) malam.

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti masalah pengunduran diri Anas.

"Saya secara pribadi belum ketemu dan  berkomunikasi secara langsung dengan Pak Anas, tetapi ini hanya informasi awal dan Pak Anas sendiri yang nanti berniat menyampaikannya sendiri," kata Gus Ipul.

Saat ditanya mengenai siapa pengganti Anas, Gus Ipul mengatakan belum bisa berspekulasi. Namun, partai pengusungnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), akan mempertimbangkan dan mengambil langkah konkrit mengenai perihal pengunduran diri tersebut.

"Saya sudah sampaikan kepada partai pengusung dan kami juga tetap mengikuti dan mengawal perkembangan isu yang beredar," ucap Gus Ipul.

Gus Ipul menegaskan perombakan seperti ini sudah biasa terjadi menjelang pembukaan pendaftaran Pilkada.

"Efek kejutan seperti ini sudah biasa terjadi, contohnya saya dulu dengan Pakde Karwo juga terjadi di detik-detik terakhir," ujar Gus Ipul.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi, membantah keras isu yang beredar di berbagai media sosial jika DPP akan menganulir pencalonan Abdullah Azwar Anas.

"Ora ono opo-opo (tidak ada apa-apa), bagaimana saya mau nanggapi itu isu. Itu lihat baliho tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas masih terpasang di kantor DPD PDIP Jatim," kata Kusnadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Timses

Sementara itu, ketua tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Mas Anas, Hikmah Bafaqih mengaku sudah mendengar kabar tersebut. Namun, dia belum berani memberikan keterangan.

"Akan ada pemberitahuan lebih lanjut, ditunggu ya," ujar Hikmah Bafaqih.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.