Sukses

Kronologi Yenny Wahid Tolak Pinangan Gerindra di Pilgub Jatim

Yenny Wahid menyatakan dirinya tidak pernah menolak tawaran Partai Gerindra untuk jadi calon gubernur di Pilkada Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Wahid Institute Yenny Wahid menyatakan dirinya tidak pernah menolak tawaran Partai Gerindra untuk jadi calon gubernur di Pilkada Jawa Timur. Namun, dia mengaku tidak mendapat restu para sesepuh NU.

"Kami meyakini tugas sejarah dari keluarga Gus Dur adalah untuk menyatukan umat, terutama umat NU yang punya potensi akan terpolarisasi dengan adanya Pilkada 2018," kata Yenny di Wahid Institute, Jakarta, Kamis (4/1/2017).

Putri kedua Gus Dur itu pun menceritakan kronologi pendekatan Gerindra saat meminangnya untuk maju di Pilkada Jatim.

Beberapa hari sebelum tahun baru 2018, Prabowo mengajak bertemu. Yenny Wahid pun datang ditemani bapak mertua.

"Beliau menawarkan agar bisa ikut menjadi calon Gerindra menjadi cagub Jatim. Tentunya dalam tradisi kami semua, hal yang masuk harus kita proses secara akal, rasional, dan secara spiritual," jelas Yenny Wahid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsultasi ke Ibu

Usai dipinang, Yenny konsultasi kepada lima sesepuh NU, termasuk ibunya. Lantas, usai tahun baru, dia menyampaikan keputusannya pada Prabowo.

"Dan ternyata memang izinnya enggak keluar dari para sesepuh. Juga pertimbangan rasionalnya adalah Pilkada Jatim punya potensi untuk memecah umat NU menjadi beberapa kubu," ujarnya.

Yenny mengaku sempat kembali dilobi Gerindra agar mau maju menjadi cagub Jatim. Meski demikian, ia sudah pikirkan matang-matang hasil konsultasi sesepuh.

"Pertimbangan saya bukan saya menang apa tidak, tapi ada kepentingan lain yang sangat besar yang harus saya utamakan, yaitu kepentingan masyarakat," ujar Yenny Wahid.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.