Sukses

Alasan Hanura Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar

Aceng mengatakan dukungan terhdap Ridwan Kamil berdasarkan pada perhitungan politik yang matang.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Hanura resmi mendukung Ridwan Kamil untuk menjadi Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada 2018. Dengan tambahan tiga kursi dari Hanura, dukungan terhadap pria yang biasa disapa Emil itu telah mengantongi 24 kursi untuk bertarung di Pilkada 2018 nanti.

Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat Aceng Fikri mengatakan, dukungan terhadap Emil didasarkan pada hasil survei yang menunjukan tingginya tingkat keterpilihan Wali Kota Bandung itu bila maju di Pilkada Jabar. 

"Melihat dari beberapa indikator terutama survei, ternyata Ridwan Kamil mempunyai popularitas dan elektabilitas yang mumpuni. Atas dasar itu, kami Hanura Jabar kemudian diperkuat oleh DPP untuk mengusung beliau di Pilgub," ucap Aceng, Selasa, 2 Januari 2018. 

Terkait dengan posisi cawagub yang hingga kini belum diputuskan, Aceng mengatakan pihanya menyerahkan keputusan tersebut kepada Ridwan Kamil. Pihaknya mengaku tak mempermasalahkan bila cawagub yang dipilih berasal dari partai lain. 

"Yah kalau kita sudah mengusung beliau (Ridwan Kamil), masa dua-duanya harus dari Hanura? Jadi cukup saja. Kita sebagai partai pengusung menyerahkan kepada Kang Emil," ucap dia. 

Aceng menegaskan, dukungan terhadap Emil bukan karena mengikuti partai lain. Pihaknya mengaku telah melakukan perhitungan politik dan siap bekerja memenangkan Emil di Pilkada Jabar. 

"Ini kan bukan ujug-ujug, kalkulasi politik yang dilakukan baik ditingkat DPD ataupun di tingkat DPP. Atas dasar itu kami Hanura Jabar kemudian diperkuat oleh DPP untuk mengusung beliau di dalam Pilgub," ucap dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan Partai Koalisi 

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, pemilihan siapa sosok yang akan mendampinginya diserahkan sepenuhnya kepada forum ketua umum DPP partai koalisi. Saat ini, kata dia, pemilihan Cawagub tengah dalam tahap pembahasan.

"Nah wakil ini posisinya sekarang di bahas di level ketua umum. Baik ketua umum Hanura, PPP, PKB, dan Nasdem. Posisi saya menunggu," ucap dia.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, dukungan dari Hanura murni atas kepedulian membangun Jawa Barat. Hal itu terbukti dengan tidak adanya syarat-syarat maupun mahar yang diajukan Hanura kepada dirinya.

"Hanura mengedepankan profesionalitas mengedepankan aspirasi masyarakat, dan mengedepankan profesionalitas," kata Emil.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.