Sukses

Perayaan Tahun Baru 2018 di Ibu Kota Sisakan 780 Ton Sampah

Perayaan pergantian tahun di Jakarta menyisakan ratusan ton sampah. Sampah di Ibu Kota pada perayaan tahun baru kali ini mencapai 780 ton.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan pergantian tahun di Jakarta menyisakan ratusan ton sampah. Sampah di Ibu Kota pada perayaan tahun baru kali ini mencapai 780 ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, sampah ini terkumpul dari seluruh Ibu Kota. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 700 ton sampah.

"Sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu, karena Jalan Sudirman-Thamrin dibuka dan kawasan Ancol dibuka," kata Adji melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Senin (1/1/2018).

Kendati demikian, lanjut dia, Pasukan Orange Dinas Lingkungan Hidup tidaklah sulit membersihkannya. Sebelum pukul 06.00 WIB, seluruh wilayah di Ibu Kota telah kembali bersih.

Adji pun memimpin langsung pembersihan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Kawasan Kota Tua, Monas sampai dengan Patung Tani. Begitupula pejabat lain di jajarannya.

"Kami tugaskan seluruh pejabat eselon 4, eselon 3, bahkan kepala dan wakil kepala dinas untuk turun ke lapangan. Malamnya kami pantau seluruh titik keramaian di Jakarta, begitu acara selesai dan massa mencair, proses pembersihan sampah langsung dimulai," papar Adji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Pengunjung

Adji menambahkan, proses pembersihan tahun ini relatif terbantu, karena sebelumnya petugas telah membagikan 10 ribu kantung sampah kepada para pedagang dan pengunjung.

"Sampah banyak yang sudah terkumpul, jadi proses pembersihan relatif mudah. Sedangkan untuk jalan, kami menggunakan 30 unit Road Sweeper, pembersihan pun cepat," kata dia.

3 dari 3 halaman

Pedagang pun Tertib

Tak luput, Adji mengapresiasi Warga Jakarta dan para Pengusaha Kecil Mandiri (PKM) yang tertib meletakkan sampah pada tempatnya, sehingga Jakarta cepat kembali bersih.

"Ini telah sesuai harapan Pak Gubernur, bahwa pengelolaan sampah harus dilaksanakan sebagai gerakan seluruh warga Jakarta. Kita bersama ikut turun tangan," tutup Adji.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.