Sukses

Tahun Baru, Polres Bogor Siapkan Bus Penghubung Jalur Puncak

Bagi warga yang terlambat sampai Puncak, setelah diberlakukan car free night, akan difasilitasi menuju hotel menggunakan bus ini.

Liputan6.com, Bogor - Polres Bogor menyiapkan empat unit bus penghubung untuk mengakomodasi pengguna roda empat yang akan bermalam tahun baru di Puncak menyusul diberlakukannya car free night.

Kapolres Bogor Kabupaten AKB A M Dicky mengatakan malam pergantian tahun jalur Puncak akan diberlakukan car free night selama 12 jam khusus bagi kendaraan roda empat atau lebih.

"Selama diberlakukan car free night, apabila ada pengguna roda empat yang ingin ke Puncak kita fasilitasi dengan bus ini," kata Dicky saat ditemui di Pos Polisi Gadog, Sabtu 30 Desember 2017.

Ia menjelaskan empat bus disiagakan di Masjid Harakatul Jannah seberang Pos Gadog. Prioritas utama layanan adalah warga yang sudah memiliki paket wisata di Puncak.

Jalur Puncak akan ditutup mulai dari pukul 18.00 WIB, 31 Desember 2017 hingga pukul 06.00 WIB, 1 Januari 2018.

Bagi warga yang terlambat sampai Puncak, setelah diberlakukan car free night, akan difasilitasi menuju lokasi hotel menggunakan bus ini.

"Bus akan bergerak dari Gadog menuju Riung Gunung, bagi yang ingin melanjutkan ke Cianjur, juga tersedia dua shutle bus dari Polres Cianjur," kata Dicky.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Parkir

Pengguna bus nantinya dapat memakirkan kendaraannya di area parkir Masjid Harakatul Jannah. Pengguna bus tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Pol Royke Lumowa yang meninjau jalur Puncak di Pos Gadog mengimbau masyarakat yang hendak berlibur ke Puncak berangkat lebih awal agar terhindar dari penutupan arus.

"Karena kapasitas bus dan area parkir yang disediakan juga terbatas, tidak semua bisa kita layani. Maka masyarakat yang mau bermalam tahun baru di Puncak berangkatlah lebih awal, ikuti informasi lalu lintas melalui kanal-kanal resmi Polri," kata Royke.

 

3 dari 3 halaman

Kapasitas Bus

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menambahkan bus khusus malam tahun baru Puncak tersebut memiliki kapasitas tempat duduk 30 kursi. Bus disewa oleh Polres Bogor untuk melayani malam tahun baru.

"Kami juga prioritaskan untuk keadaan darurat seperti apabila ada ibu yang melahirkan. Seperti tahun lalu juga pernah terjadi, bus ini dan kendaraan polisi kita siagakan," kata Hasby.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.