Sukses

3 Partai Ini Sepakat Bentuk Poros Baru di Pilkada Jateng

Pembentukan poros itu dinilai untuk memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat dalam Pilkada Jateng.

Liputan6.com, Semarang - Poros baru untuk meramaikan di Pilkada Jawa Tengah. Pembentukan poros itu dinilai untuk memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat.

"Bersama Golkar dan Demokrat, kami sepakat membentuk poros tengah," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jateng Masrukhan Syamsurie di Semarang, Jumat (29/12/2017).

Ia mengungkapkan bahwa saat ini PPP terus menjalin komunikasi intensif dengan Partai Golkar dan Partai Demokrat terkait dengan pembentukan poros tengah pada Pilkada Jateng.

Saat ini, hanya ada dua kubu yang bakal meramaikan bursa Pilgub Jateng mendatang. Yakni koalisi Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan mengusung Sudirman Said, serta kubu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menurut dia, jika hanya ada dua pasang kandidat Pilgub Jateng 2018, pilihan masyarakat akan terbatas dan tidak dinamis.

"Jika dilihat dari jumlah kursi kami (PPP, Partai Golkar, dan Partai Demokrat) sudah memenuhi syarat minimal 20 kursi untuk mengusung pasangan calon," ujar Masrukhan seperti dikutip dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cukup Kursi

PPP tercatat memiliki 8 kursi di DPRD Jateng, sedangkan Partai Golkar memiliki 10 kursi, dan Partai Demokrat memiliki 9 kursi.

Ketua Harian DPD I Partai Golkar Jateng Iqbal Wibisono membenarkan akan membentuk poros tengah bersama PPP dan Partai Demokrat. Ia mengakui untuk menghadapi Pilgub Jateng 2018, Partai Golkar harus keluar dari poros yang ada saat ini, yakni PDIP dan koalisi Partai Gerindra, PAN, serta PKS.

"Kami harus membuat poros baru, antara Golkar, Demokrat, dan PPP. Kami sudah sepakati," kata Iqbal.

 

3 dari 3 halaman

Terus Komunikasi

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah Rinto Subekti juga mengakui sedang mempersiapkan untuk membangun poros baru bagi calon di Pilgub Jateng.

"Kami terus berkomunikasi dan mematangkan agar poros baru ini segera terbentuk," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.