Jokowi Serahkan 3.000 Sertifikat Kompetensi Pemagangan

Oleh Rita Ayuningtyas pada 28 Des 2017, 08:11 WIB

Liputan6.com, Bekasi - Presiden Jokowi menyerahkan 3.000 sertifikat kompetensi pemagangan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, Bekasi, Jawa Barat. Program pemagangan ini merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja baru.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis (28/12/2017), para penerima sertifikat adalah mereka yang telah lulus uji kompetensi bidang keterampilan tertentu yang diikuti selama proses magang di perusahaan. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi Profesi.

Para peserta program magang yang telah lulus nantinya ditempatkan di berbagai perusahaan atau industri. Seperti di sektor perbankan, manufaktur, pariwisata, perhotelan, ritel, perikanan, dan kelautan.

Presiden Jokowi menilai sertifikasi kompetensi ini penting untuk memaksimalkan potensi tenaga kerja baru. Pada 2018 mendatang, Kementerian Tenaga Kerja menargetkan program pemagangan dapat diikuti oleh 400.000 orang dengan melibatkan 8.000 instruktur.