Golkar-Demokrat Usung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar, Siapa Cagub?

Oleh Huyogo Simbolon pada 27 Des 2017, 23:37 WIB
dedi deddy

Liputan6.com, Bandung - Pimpinan DPD Partai Golkar dan Partai Demokrat Jawa Barat bertemu untuk membahas Pilkada Jabar 2018. Kejutan pun terjadi ketika kedua partai politik memutuskan untuk berkoalisi.

Kesepakatan tersebut diambil setelah Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Irfan Suryanagara dan Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi membuat kesepakatan untuk berkoalisi. Irfan sendiri mengatakan, berkoalisinya Demokrat dan Golkar adalah hal yang menggembirakan.

Sebelumnya, Demokrat, PAN, dan PKS telah bersepakat mengusung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu. Namun, belakangan PAN dan PKS menarik dukungan dan bergabung dengan koalisi reuni bersama Gerindra untuk mendukung pencalonan Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

"Alhamdulillah, kami sepakat dengan Partai Golkar untuk bersama-sama mengarungi perpolitikan di Jabar ini," kata Irfan dalam jumpa pers di Bandung, Rabu (27/12/2017).

Setelah ini, Irfan menuturkan, pihaknya akan menyampaikan kepada DPP partai berlambang Mercy itu untuk segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pencalonan cagub/cawagub di Pilgub Jabar 2018.

Di tempat yang sama, Dedi Mulyadi menyampaikan, kesepakatan koalisi terjadi beberapa jam setelah pengumuman SK Partai Golkar kepada dirinya untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2018.

"Tadi siang DPP memberikan SK pengusungan dan memberikan waktu untuk mencari mitra koalisi sampai tenggat 2 Januari 2018. Sorenya, saya bertemu dengan Ketua DPD Demokrat Jawa Barat Irfan Suryanagara dan kami memiliki kesepakatan untuk bersama-sama maju dalam Pilgub Jabar," urai Dedi Mulyadi.

1 of 3

Belum Menentukan Cagub

Koorbid Pemenangan Pemilu I Partai Golkar Nusron Wahid Umumkan penunjukan Dedi Mulyadi maju di Pilgub Jawa Barat (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Koorbid Pemenangan Pemilu I Partai Golkar Nusron Wahid Umumkan penunjukan Dedi Mulyadi maju di Pilgub Jawa Barat (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Meski begitu, kedua pihak belum mengumumkan siapa yang akan menjadi bakal cagub dan cawagub. Sebab, sejauh ini di kubu Demokrat masih mengusung Deddy Mizwar sebagai calon gubernur.

"Kita bentuk koalisi Sajajar, tidak ada perbedaan baik menjadi gubernur maupun wakil gubernur. Yang pasti, nanti gubernurnya DM wakil gubernurnya DM. Kita setara karena tujuannya sama dalam membangun Jawa Barat," jelas Dedi Mulyadi.

2 of 3

Punya Pemahaman Sama

Deddy Mizwar bertemu Dedi Mulyadi (Liputan6.com/Abramena)
Deddy Mizwar bertemu Dedi Mulyadi (Liputan6.com/Abramena)

Dedi Mulyadi juga menyebutkan, kesepakatan tersebut diambil dalam waktu setengah jam, setelah salat Ashar berjamaah.

"Kami memiliki satu garis pemahaman sama. Sebelumnya sudah sering berkomunikasi juga, hanya kebetulan bersepakatnya tadi sore," kata Bupati Purwakarta tersebut.

Dedi Mulyadi menambahkan, hasil kesepakatan Golkar dengan Demokrat ini telah disampaikan kepada Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Indonesia I Partai Golkar Nusron Wahid yang datang ke Bandung pada Rabu siang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓
Suparno DzakiSuparno Dzaki

purnomo tim sesnya? kalah lagi jagoan abdhi kalau dia teamsesnya.....ahok efect

Conan EdogawaConan Edogawa

moga demokrat legowo ga ngusung bang sozis