Sukses

Top 3 News Hari Ini: Izhak yang Urus 9 Adik akan Kembali Kuliah?

Top 3 News hari ini, Izhak, mantan mahasiswa ITB yang merawat sembilan adiknya di Polewali Mandar kembali kuliah?

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, bantuan untuk Izhak, mantan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)  yang kini merawat kesembilan adiknya terus mengalir. Tidak hanya datang dari Civitas Akademika Universitas ITB tempatnya dulu menimba ilmu, namun juga dari warga sekitar. 

Selain berupa dana untuk merawat adik-adiknya, bantuan yang didapat juga berupa mewujudkan keinginan Izhak untuk bisa kembali kuliah.

Sementara itu dari Jakarta, keputusan pensiun dini Pangkostrad Letjen Edy untuk terjun ke dunia politik dicabut oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Bagaimana nasib sang jenderal di rencana Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018? Dan seperti apa sikap Edy atas keputusan tersebut?

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. HEADLINE: Relakan ITB demi Rawat 9 Adik, Ada Harapan untuk Izhak?

Mahasiswa ITB di Polewali Mandar Putus Kuliah Demi Menghidupi 9 Adiknya. (Liputan6.com/Fauzan)

Kisah hidup Izhak, yang rela menukar beasiswa dan statusnya sebagai mahasiswa ITB dengan pulang ke kampung halamannya demi merawat sembilan adiknya, terungkap pertama kali dari seorang temannya yang kebetulan adalah anggota Gerakan Peduli Sosial Polewali Mandar (GPS-PM).

Kelompok yang beranggotakan anak-anak muda tersebut mencari tahu kehidupan Izhak dan kemudian mengunggahnya di media sosial pada 13 Desember 2017. Kisahnya pun langsung viral di media sosial.

Setelah kuliah empat semester lamanya, sang ibu, Samiah, jatuh sakit. Ayahnya, Ilyas, pun mulai sakit-sakitan.

Demi merawat orangtua dan adik-adiknya, Izhak pun pulang ke kampung halamannya di Dusun Tojang, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Untuk menghidupi keluarganya, Izhak membuat gula aren dibantu adik-adiknya. Dia juga mendapat bantuan pemerintah berupa Program Keluarga Harapan (PHK), dan adik-adiknya bisa sekolah dengan bantuan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Selengkapnya...

2. Letjen Edy: Mutasi Hal Biasa, Kostrad Dibubarkan Itu Masalah

Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi, saat di wawancara oleh tim Bola.com dalam rangka hari ulang tahun PSSI di markas Pangkostrad, Jakarta, (20/04/2017). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pagkostrad) Letjen Edy Rahmayadi merespons santai terkait pengkajian ulang mutasi yang sebelumnya sempat dikeluarkan Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Tidak masalah, itu wewenang Panglima TNI. Itu biasa, kecuali Kostrad dibubarkan itu baru masalah," ujar Edy.

Yang paling menonjol dari putusan tersebut adalah batalnya mutasi Letjen Edy Rahmayadi dari posisi Pangkostrad. Edy digeser menjadi perwira tinggi di Mabes TNI.

Edy sendiri disebut-sebut akan maju berlaga di Pilkada 2018.

Selengkapnya...

3. Pensiun Dini Dibatalkan, Pangkostrad Bicara Nasib Pilkada Sumut

Ketum PSSI, Edy Rahmayadi, tampak tegang saat nobar Timnas Indonesia U-19 melawan Brunei di Stadion Atang Sutresna, Jakarta Timur, Selasa (12/9/2017). Nobar dilakukan sebelum acara pelepasan Timnas U-16. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau ulang keputusan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 4 Desember 2017. Keputusan tersebut terkait pemberhentian dan pengangkatan perwira di lingkungan TNI.

Dengan demikian, Letjen Edy masih menjabat sebagai Pangkostrad. Lalu, bagaimana nasib sang jenderal di rencana Pemilihan Gubernur Sumater Utara 2018?

Edy mengatakan dirinya tetap berpendirian untuk maju dan berkontestasi di jalur politik.

Edy menyebut Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/98.a/XII/2017 tertanggal 19 Desember 2017 dan tertanda Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, bukan berarti membatalkan surat keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 tanggal 4 Desember 2017, yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini