Sukses

Ketua OK OC: Meski Pinjam Bank, yang Penting Dapat Modal

Sebelumnya, beredar foto spanduk kampanye Anies-Sandi bertuliskan OK OC akan memberi modal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Perkumpulan Gerakan OK OC (PGO) Faransyah Jaya berjanji membantu warga yang ikut program OK OC untuk mendapatkan modal dengan memfasilitasi akses meminjam modal ke bank.

"OK OC akan memberikan rekomendasi ke bank dan selanjutnya bank yang akan melakukan validasi dan proses pemberian modal, (modal) bukan dari OK OC," ujar Faransyah saat dihubungi, Jumat (15/12/2017).

Menurut dia, hal yang terpenting adalah calon wirausaha OK OC mendapatkan modal. Bukan dari mana asal modal tersebut. "Yang penting kan dapat modalnya, bukan dari mananya," kata Faransyah.

Sebelumnya, beredar foto spanduk kampanye Anies-Sandi bertuliskan OK OC akan memberi modal. "Ayo Bergerak Ambil Kesempatan", "Dimodalin punya bisnis! Disediain tempat usaha! Dicariin pembeli!" dan "Coblos Nomor 3". Pada spanduk itu ada gambar Anies-Sandi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan program wirausaha atau OK OC merupakan sebuah gerakan yang bekerja sama dengan perbankan untuk permodalan calon pengusaha.

Sandi menyebut sejak awal kampanye OK OC tidak menjanjikan modal, melainkan gerakan yang bekerja sama dengan bank.

"Kita memfasilitasi permodalan, tapi tidak pernah kita dalam program maupun dalam penyelenggaraan menyebut akan memberikan permodalan," ucap Faransyah.

Dia mengatakan pihak yang berkapasitas memberikan pinjaman modal adalah perbankan, bukan Pemprov, apalagi program OK OC.

"Permodalan itu yang berkapasitas memberikan permodalan adalah industri perbankan industri pembiayaan baik yang konvensional maupun syariah,"ujar Faransyah.

Sejak awal pengenalan program OK OC, yakni sejak awal masa kampanye, Sandi menyebut sudah menjelaskan permodalan dari perbankan. "Jadi sudah jelas dari awal," tandas Faransyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Pernah Janji

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Pemprov DKI tidak akan memberikan modal bagi warga atau calon wirausaha yang mengikuti pelatihan kewirausahaan OK OC.

Sandiaga menegaskan, sesungguhnya dia dan Anies tidak pernah berjanji akan memberikan modal untuk program OK OC saat kampanye.

"Kita dari awal sekali mengatakan bahwa pemprov tidak akan memberikan pemodalan, tapi akan memfasilitasi," tegas Sandi usai meninjau revitalisasi Lapangan Banteng Jakarta (15/12/2017).

Sandi menjelaskan, bentuk fasilitas yang akan diberikan Pemprov DKI adalah melalui lembaga keuangan dan lembaga pembinaan yang berpotensi memodalkan.

Sandi prihatin dengan media yang salah memberitakan hal ini karena sesungguhnya baik ia maupun Anies tidak pernah menjanjikan kampanye modal untuk program OK OC. Ia menambahkan, masyarakat yang membutuhkan modal agar mendatangi kecamatan.

"Yang membutuhkan modal silakan datang ke kecamatan di situ nanti kita fasilitasi bank DKI dan beberapa bank juga yg sangat tertarik," imbuh Sandi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.