Sukses

Tiba di Turki, Jokowi Siap Dukung Palestina di KTT OKI

Di KTT Luar Biasa tersebut Jokowi akan menyampaikan penolakan rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan hadir dalam KTT Luar Biasa Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mengenai Palestina pada Rabu (13/12/2017) pagi. Jokowi beserta rombongan telah tiba di Istanbul, Turki pada dini hari tadi. 

Tiba di Bandara Istanbul, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut  Duta Besar RI untuk Turki Wardana. Tampak mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo antara lain Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi SP.

Setelah istirahat sejenak di bandara, Presiden Jokowi dan rombongan menuju tempat menginap di salah satu hotel di Kota Istanbul. Menlu Retno Marsudi menyambut kedatangan Presiden Jokowi di tempat menginap.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Istanbul, Turki menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa 12 Desember 2017 pukul 11.05 WIB.

"Ini adalah kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel," ucap Presiden dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dalam KTT Luar Biasa tersebut Jokowi akan menyampaikan penolakan rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak Amerika Serikat.

"Meminta negara-negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela Palestina serta menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan baik secara bersama maupun secara individu untuk membela Palestina," ucap Jokowi seperti dilansir dari Antara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Nyata Untuk Perdamaian

Jokowi sebelumnya meminta negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan dalam membela Palestina.

Dia berharap kunjungannya ke Turki ini dapat memberikan manfaat yang nyata sebagai upaya perdamaian dunia.

"(Dalam sidang OKI) menyampaikan beberapa langkah-langkah yang dapat kita lakukan baik secara bersama ataupun individu untuk membela Palestina. Saya berharap kunjungan ini akan memberikan manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Insyaallah, saya sudah akan tiba kembali di Jakarta, Kamis, 14 Desember 2017," imbuh Jokowi.

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan menggelar sidang khusus menyusul langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.