Sukses

Hujan Sedang-Lebat Masih Akan Guyur Jakarta hingga Pekan Depan

Kondisi cuaca diprediksi berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat hingga 18 Desember 2017, terutama pada siang hari.

Liputan6.com, Jakarta Hujan sedang-lebat yang mengguyur Jakarta pada Senin kemarin masih berpotensi untuk turun di beberapa wilayah Jakarta. Demikian menurut rilis prediksi cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Misalnya, kondisi cuaca diprediksi berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat hingga 18 Desember 2017, terutama pada siang hari.

"Namun, pada 15-18 Desember, turunnya hujan bisa terjadi pada siang atau sore hari," tegas pernyataan BMKG yang dikutip Liputan6.com, Selasa (12/12/2017) itu.

Hingga tanggal 18 Desember 2017, intensitas turunnya curah hujan diprediksi akan berkisar pada 5 sampai 20 mm/jam atau 20 sampai 100 mm per hari.

"Hujan dikatakan ringan jika intensitas curah hujan berkisar 0,1-5 mm/jam atau 5-20 mm/hari. Sedangkan hujan dikatakan turun sangat lebat jika intensitas curah hujannya >20 mm/jam atau >100 mm/hari," jelas BMKG.

Bukan hanya di wilayah Jakarta, potensi turunnya hujan sedang-lebat dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Wilayah tersebut antara lain Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jakarta Kembali Tergenang

Banjir kembali merendam Kawasan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada Selasa, 12 Desember. Meski hujan tidak sederas kemarin, genangan air tetap terjadi lantaran selokan yang ada tak sanggup menampung aliran air, sehingga air meluber ke jalan raya. Ketinggian air terpantau mencapai 30-50 cm.

"Got (selokan) memang sudah tidak bisa menampung," ujar pekerja Suku Dinas Tata Air Pemprov DKI Jakarta yang bertugas di Jalan HR Rasuna Said.

Alhasil, para pekerja harus rela turun berbasah-basahan di selokan-selokan dan mengambil sampah-sampah yang menyumbat. Para petugas yang mengenakan pakaian berwarna biru itu bahkan sampai masuk ke dalam got.

3 dari 3 halaman

Padat Merayap

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, banjir yang merendam kawasan tersebut membuat jalan menjadi padat merayap. Kendaraan dari arah Menteng, Jakarta Pusat, menuju Mampang, Jakarta Selatan, terlihat tersendat.

Jalur lambat yang biasanya digunakan dua jalur menjadi satu lajur. Kendaraan roda dua maupun tiga memilih masuk ke lajur kendaraan cepat atau lajur yang hanya boleh dilewati kendaraan roda empat atau lebih.

Sementara itu, arah Mampang menuju Menteng terpantau lancar. Belum ada titik banjir di area tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • hujan lebat