Sukses

Kapolri: Pemain Kartel Bahan Pokok, Awas Hati-Hati...

Polri sudah mendapat laporan dari kementerian terkait tentang stok bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan, pihaknya akan menindak tegas kartel yang memainkan harga bahan pokok di pasaran. Menurut Tito, pihaknya bersama kementerian terkait tengah melakukan pengawasan harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Saya sampaikan, pesan untuk kartel pemain bahan pokok, hati-hati kami mengawasi," tegas Tito di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Tito mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari kementerian terkait stok bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, saat ini stok masih aman sehingga harga juga diprediksi akan stabil meskipun banyak permintaan.

"Seperti itulah, suplai cukup distribusi kami amankan," ucap Tito.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menggelar video conference dengan seluruh Kapolda di Mabes Polri, Jakarta. Video conference ini membahas tentang pengawasan harga bahan pokok jelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

Usai video conference tersebut, Tito menyampaikan pihaknya bersama kementerian terkait telah sepakat mengawasi secara ketat harga kebutuhan bahan pokok. Menurutnya, periode jelang Natal dan Tahun Baru ini rawan penyelewengan harga, sebab permintaan atau demand meningkat.

"Bagi kartel juga bisa jadi momentum dari mereka untuk mendapat keuntungan, tapi mengorbankan masyarakat," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Senin 11 Desember 2017.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stabilkan Harga

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mememastikan, stok 11 komoditas strategis hingga saat ini masih aman. Sehingga harga di pasaran juga masih stabil.

"Kami stabilkan harga tanpa impor beras, dan bawang merah, dan tanpa impor jagung, dan empat cabai segar," kata Amran.

Amran pun meminta masyarakat agar tidak khawatir tentang kenaikan harga komiditas bahan pokok di pasaran. Ia menjamin harga bahan pokok masih stabil. "Stok kami cukup. Lebih dari cukup," tandas dia.

Selain Menteri Pertanian, dalam acara ini turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua KPPU Muhammad Syarkawi Rauf, dan Direktur Utama Djarot Kusumayakti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

https://www.vidio.com/watch/551687-tim-gabungan-jamin-keamanan-jalani-natal-dan-tahun-baru-fokus-pagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.