Sukses

Gatot Usai Serahkan Tongkat Komando TNI ke Hadi, Merdeka!

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, menjadi Panglima TNI tidaklah mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto.

Usai menyerahkan jabatan tertinggi di militer, mata Jenderal Gatot terlihat berkaca-kaca saat menyalami satu persatu jenderal TNI yang hadir dalam acara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017).

Gatot mengaku memiliki perasaan berbeda setelah tak lagi memangku jabatan tertinggi di militer.

"Merdeka!" ujar Gatot terkait perasaannya saat ini.

Menurut Gatot, menjadi Panglima TNI tidaklah mudah.

"Semua beban sudah lepas semuanya, iya kan. Mungkin rekan-rekan tidak merasakan, bagaimana kita diberi amanah untuk memimpin 400 ribu prajurit yang tersebar di mana-mana, ini bukan suatu hal yang mudah," kata dia.

Namun, Gatot bersyukur bisa melewati masa-masa tersebut. Terlebih, kini jabatan tertinggi diambil alih oleh Hadi Tjahjanto yang dia nilai mampu melanjutkan tugasnya.

"Saya bersyukur ini sudah bisa selesai semuanya, dan sudah saya serahkan kepada Pak Hadi, dan yang saya serahkan berdasarkan pengalaman tadi 36 tahun saya mengamati, Pak Hadi pasti mampu," dia memaparkan.

Gatot Nurmantyo menyampaikan, masih ada beberapa pekerjaan yang belum dia selesaikan, yakni menunggu kedatangan pesawat tempur dan kapal selam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto. Hadi sudah dipilih dan dilantik secara langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk menjadi orang nomor satu di TNI.

Penyerahan tongkat komando dimulai dengan pembacaan surat keputusan Presiden Jokowi. Setelah itu, Jenderal Gatot menyerahkan tongkat komando kepada Hadi Tjahjanto. Setelah itu, 10 pesawat Sukhoi pun terbang di udara.

"Pagi hari ini secara resmi saya berikan tongkat pimpinan TNI. Selamat menjalankan amanah yang tidak ringan namun mulia ini," ujar Gatot Nurmantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Acara pergantian pucuk pimpinan dari Gatot Nurmantyo kepada Hadi itu dihadiri oleh seluruh angkatan yang ada di TNI dan juga sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI.

Hadi resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Surat penunjukan Hadi diserahkan Mensesneg Pratikno kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Senin 4 Desember lalu.

Pada 5 Desember 2017, surat tersebut dibacakan dalam rapat paripurna DPR. Rabu 6 Desember 2017, Hadi menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI di Komisi I DPR.

Hasil fit and proper test langsung dibawa ke sidang paripurna. Seluruh anggota parlemen menyetujui penunjukan Hadi sebagai Panglima TNI. Usai proses tersebut, Hadi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Jumat, 8 Desember 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.