Sukses

Jokowi Belum Laporkan Piringan Hitam Metallica ke KPK

Presiden Jokowi belum melaporkan piringan hitam Metallica yang diterima dari Perdana Menteri (PM) Kerajaan Denmark.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum melaporkan piringan hitam Metallica yang diterimanya dari Perdana Menteri (PM) Kerajaan Denmark, Lars Lokke Rasmussen. Jokowi menerima hadiah tersebut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 28 November 2017.

Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono mengatakan pihaknya masih belum menerima laporan dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut hingga sore ini.

"Sampai dengan saat ini belum," ujar Giri saat dikonfirmasi, Selasa (5/12/2017).

Jokowi sendiri berencana melaporkan penerimaan hadiah tersebut ke Direktorat Gratifikasi KPK. Hal tersebut dilakukan Jokowi untuk memastikan apakah penerimaan tersebut merupakan bentuk gratifikasi atau bukan.

"Presiden berencana melaporkan penerimaan hadiah berupa piringan hitam Metallica dari PM Denmark kepada KPK dalam waktu dekat," ujar Juru Bicara Presiden Johan Budi SP, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Jokowi selama ini kerap melaporkan dugaan penerimaan gratifikasi kepada KPK. Pelaporan tersebut selalu dilakukan sebelum 30 hari kerja setelah penerimaan sesuai dengan Undang-Undang KPK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Bas

Presiden Jokowi pernah juga mendapat bas dari promotor Jonathan Liu saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. KPK kemudian menyatakan bas masuk dalam kategori gratifikasi lantaran diberikan berkaitan dengan jabatan Jokowi.

"Gitar itu merupakan pemberian terkait jabatan, yang diberikan oleh pihak promotor Jonathan Liu kepada Jokowi. Jadi, gitar itu milik negara," kata Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono usai bertemu Jokowi di Balai Kota Jakarta, Mei lalu.

Di atas bas berwarna merah marun itu terdapat tanda tangan dari basist band Metallica Roberto Trujillo beserta sebuah pesan singkat bertuliskan, "Giving back! To Jokowi: Keep playing that cool, funky bass!‎"

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Metallica adalah band metal keras yang dibentuk pada era 80an di Los Angeles, California.
    Metallica adalah band metal keras yang dibentuk pada era 80an di Los Angeles, California.

    Metallica

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK