Sukses

BMKG: Meski Siklon Cempaka dan Dahlia Usai, Warga Tetap Waspada

Meskipun siklon tropis Cempaka dan Dahlia sudah selesai, BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrem.

Fokus, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, siklon tropis Cempaka dan Dahlia yang sempat melanda Pulau Jawa kini sudah berlalu. Namun Indonesia tetap harus waspada adanya bibit silkon tropis lain yang terjadi dalam masa puncak musim penghujan hingga Februari mendatang.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (4/11/2017), meski siklon tropis Cempaka dan Dahlia telah meninggalkan wilayah Pulau Jawa, BMKG tetap mengingatkan masyarakat Indonesia agar selalu waspada terhadap kemungkinan terbentuknya siklon tropis lainnya yang akan muncul.

Hal ini akan berdampak pada terjadinya hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Indonesia hingga Februari 2018. Bibit siklon tropis dapat muncul seketika dalam rentan waktu puncak musim penghujan dan di beberapa titik wilayah Indonesia.

Siklon tropis cempaka berdampak pada terjadinya banjir di wilayah Yogyakarta dan Pacitan. Sementara siklon tropis dahlia berdampak pada peningkatan hujan lebat, gelombang tinggi, angin kencang dan potensi petir.

Indonesia pernah dilanda siklon tropis serupa dengan nama-nama bunga lainnya seperti siklon anggrek pada 2010 dan siklon bakung pada 2014. Pemberian nama siklon tropis ini dipilih dengan alasan urutan abjad agar mudah teringat.