Sukses

Mendikbud: Pernikahan Kahiyang-Bobby Momentum Kebudayaan Bangsa

Menurut Muhadjir, acara adat pernikahan Kahiyang-Bobby, selain jadi perhatian dalam negeri juga mendapat sorotan dunia.

Liputan6.com, Medan - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, dua resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution jadi momentum kebudayaan Indonesia sebagai modal pembangunan nasional.

"Ini jadi momentum kebudayaan Indonesia, sebagai modal pembangunan nasional bangsa kita," kata Muhadjir di lokasi acara yang digelar di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, Minggu 26 November 2017.

Dijelaskan Mendikbud, melalui resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, Presiden Joko Widodo sudah merintis kegiatan festival kebudayaan. Kegiatan serupa seharusnya dikembangkan secara luas.

"Pak Jokowi juga sudah memberikan contoh tentang kebudayaan melalui acara ini," jelasnya.

Menurut Muhadjir, acara adat pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, selain jadi perhatian dalam negeri juga mendapat sorotan dunia. Mendikbud mengaku, sudah mulai merancang sejumlah kegiatan festival kebudayaan lainnya.

"Sedang digalakkan. Dengan disahkannya undang-undang tentang kemajuan kebudayaan No 5 Tahun 2017, sudah ada payung hukum yang kuat untuk mendanai, mensupport, mendukung berbagai macam festival budaya," Muhadjir mengungkapkan.

Diungkapkan dia, dari aspek pendidikan, jajarannya sudah menjadikan pendidikan kebudayaan sebagai bagian dari kurikulum ajar kepada para siswa. Pendidikan kebudayaan audah menjadi bagian dari muatan lokal lewat program pendidikan karakter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doakan Kahiyang-Bobby

"Sudah diterapkan. Dengan kebudayaan dan pendidikan karakter, bisa mengaktualisasikan keunggulan, kearifan, dan kecerdasan lokal. Ini modal pembangunan negeri ini," terangnya.

Muhadjir mendoakan segala kebaikan dapat diperoleh oleh kedua mempelai.

"Selamat kepada Bobby dan Kahiyang. Sehat-sehat dan selalu diberi kebaikan dalam menjalani rumah tangga," Muhadjir menandaskan.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.