Sukses

Top 3 News Hari Ini: 4 Kandidat Calon Terkuat Pengganti Setnov

Top 3 news hari ini, penahanan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto membuat desakan pergantian di pucuk pimpinan Partai Beringin menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat desakan pergantian di pucuk pimpinan Partai Beringin menguat.

Sejumlah nama pun kini mulai bermunculan. Salah satunya nama Airlangga Hartarto yang digadang-gadang sebagai calon kuat pengganti Setnov di internal Golkar. Dengan catatan, siapa pun yang menang nanti tidak terlibat dalam kasus korupsi. 

Sementara itu, nama nama Otto Hasibuan kini kembali hangat dibicarakan. Otto merupakan pengacara Jessica Wongso dalam kasus kopi sianida. Adalah Fredrich Yunadi yang menawarkan Otto menjadi pengacara Setya Novanto.

Lalu apa langkah dan jurus seperti apa yang akan dilakukan Otto Hasibuan untuk meloloskan Setnov dari jeratan kasus korupsi pengadaan proyek KTP elektronik atau e-KTP?

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. HEADLINE: Berebut Pucuk Beringin Usai Setya Novanto 'Game Over'

Tersangka korupsi e-KTP, Setya Novanto tiba di Gedung KPK dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menggunakan kursi roda pada, Minggu, (19/11). KPK resmi menahan tersangka Setya Novanto di Rutan KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penahanan Ketua Umum Partai Golkar ini membuat desakan pergantian di pucuk pimpinan Partai Beringin menguat. Salah satunya disuarakan politikus Golkar, Airlangga Hartarto. Dia menilai langkah penyelamatan partai perlu dilakukan sesegera mungkin.

Usul penggantian Setya Novanto juga disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Golkar Theo L Sambuaga. Dia meminta Novanto segera mundur dari jabatannya agar fokus mengikuti proses hukum di KPK.

Saat ini ada empat nama kandidat pengganti Setya Novanto yang muncul ke permukaan. Ketiganya yaitu Airlangga Hartarto, Ade Komarudin, Aziz Syamsudin, dan Bambang Soesatyo.

Wasekjen DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menilai empat nama tersebut mempunyai rekam jejak yang baik di Golkar.

Selengkapnya... 

2. Gratis untuk Jessica, Berapa Tarif Otto Saat Tangani Setnov?

Pengacara Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan saat mengunjungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (8/11). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Hampir sama sekali tak muncul di pemberitaan pascakasus Jessica Wongso, kini nama Otto kembali menjadi perbincangan publik. Mantan Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) itu resmi ditunjuk sebagai pengacara Ketua DPR Setya Novanto pada perkara dugaan korupsi proyek KTP elektronik.

Saat membela Jessica, Otto tidak memungut bayaran alias pro-bono. Lalu, bagaimana dengan penanganan kasus dugaan korupsi Setnov?

Saat disinggung soal itu, Otto hanya tertawa. Ia mengisyaratkan tidak memberikan waktu dan pikirannya untuk Setnov secara cuma-cuma.

Otto mengaku tidak serta-merta menerima tawaran Fredrich Yunadi untuk menjadi pengacara Setya Novanto. 

Selengkapnya...

3. Mereka yang Menolak Melindungi Setya Novanto

Tersangka korupsi e-KTP, Setya Novanto tiba di Gedung KPK dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menggunakan kursi roda pada, Minggu, (19/11). KPK resmi menahan tersangka Setya Novanto di Rutan KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sesaat sebelum masuk ke Rutan KPK, Setya Novanto mengaku sudah melakukan berbagai macam cara untuk menyelamatkan diri dari jerat hukum. Dia juga telah mengirim surat kepada Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Jaksa Agung M Prasetyo untuk meminta pertolongan.

Namun, surat itu diabaikan oleh Presiden Jokowi, Kapolri maupun Kejaksaan Agung. Jokowi justru meminta Setya Novanto untuk mengikuti proses hukum di KPK.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga mengabaikan surat yang dikirim Setya Novanto. Tito justru menegaskan jika lembaganya ada di sisi KPK.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini