Sukses

2 Pelaminan Disiapkan untuk Bobby-Kahiyang Jelang Ngunduh Mantu

Pelaminan bergaya khas Mandailing dan Angkola di dalam rumah Bobby digunakan pada ritual haroan boru.

Liputan6.com, Medan - Prosesi pesta adat Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tinggal menghitung hari. Bagi mempelai, ada 2 pelaminan yang disiapkan untuk pesta adat dan resepsi yang berlangsung 24 hingga 26 November.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Selasa (21/11/2017), satu pelaminan berada di dalam rumah, satu lainnya dibangun di dalam tenda utama yang pembangunannya masih terus dikebut.

Pelaminan bergaya khas Mandailing dan Angkola di dalam rumah Bobby, digunakan pada ritual haroan boru atau menyambut menantu perempuan dan manyantan boru.

Pelaminan tersebut menjadi tempat didudukkannya pasangan suami istri, bila prosesi makkobar atau berbincang antar raja adat dan sidang adat usai.

Warna merah, hitam, dan keemasan yang mendominasi pelaminan beratap rumah adat Mandailing itu jadi simbol kekuasaan, kepemimpinan, martabat, dan kesejahteraan.

Dalam prosesi ini juga semua duduk di tikar adat yang berlapis-lapis. Banyaknya jumlah lapis tikar jadi simbol utuhnya kelengkapan prosesi adat yang akan dijalani.

Rencananya akan dilangsungkan pemberian marga siregar bagi Kahiyang Ayu, Selasa 21 November 2017. Rumah salah satu paman Bobby pun disiapkan untuk acara tersebut.

Persiapan hampir memasuki tahap akhir. Pemberian marga bagi Kahiyang Ayu ini dimaksudkan sebagai perekat dua latar suku dan budaya pengantin yang berbeda.

Diperkirakan, jumlah tamu pada penambahan nama marga ini 500 undangan. Penebusan atas pemberian marga kepada para tokoh, raja adat, dan marga, selanjutnya dilangsungkan pada horja godang adat na gok pada 24 dan 25 November mendatang. Salah satu rangkaiannya adalah penyembelihan kerbau.