Sukses

Polda Sumut Gelar Pasukan Pengamanan Resepsi Kahiyang-Bobby

Paulus Waterpauw menyatakan, apel pasukan bertujuan mengetahui sejauh mana kesiapan masing-masing satuan tugas.

Liputan6.com, Medan - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) gelar apel pasukan pengamanan resepsi Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Perumahan Bukit Hijau Residence (BHR) Jalan Setia Budi, Medan. Apel pasukan dilaksanakan di lapangan KS Tubun Mapolda Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw yang bertindak sebagai inspektur upacara menyatakan, apel gelar pasukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dari masing-masing satuan tugas pengamanan. Di antaranya, kesiapan personel, kesiapan materil pengamanan, serta bentuk sarana pendukung lainnya sebagaimana yang telah direncanakan pada rapat-rapat koordinasi pengamanan terlebih dahulu.

"Saya berharap kepada satuan tugas pengamanan sudah memiliki kesiapan operasional yang baik dan terencana," kata Paulus Waterpauw, Medan, Senin (20/11/2017).

Menurut dia, apel gelar pasukan merupakan kesiapan di bidang pengamanan. Baik pengamanan dari sebelum kedatangan Presiden, saat kedatangan, berjalan ke lokasi-lokasi kegiatan, pelaksanaan setiap rangkaian pesta pernikahan hingga kembali ke Ibu Kota. Personel ditempatkan di titik pengamanan sesuai tingkat kerawanannya.

"Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengamanan terhadap Presiden sebagai VVIP tetap dipedomani. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ujar Paulus.

Kapolda berpesan kepada setiap komandan satuan tugas pengamanan, jajarannya harus mampu melaksanakan tugas dengan baik, mampu memperkirakan situasi, mampu melaporkan situasi atau melakukan koordinasi.

"Mampu pula memutuskan sesuatu keputusan penting bila memang dipandang perlu dan memaksa," ujar Kapolda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5.000 Personel Gabungan

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri mengatakan, untuk mengamankan rangkaian acara tersebut, kurang lebih 5.000 personel gabungan dikerahkan. Jumlah personel itu terdiri dari unsur TNI, Polri, dan lainnya.

"Kita sudah berkoordinasi. Kalau dari segi keamanan, kita sudah siap, tinggal pelaksanaan saja," kata Cucu saat meninjau langsung lokasi ngunduh mantu, di Perumahan Setia Budi Bukit Hijau Regency, Sabtu, 11 November 2017.

Menurut dia, ribuan personel gabungan tersebut akan disiagakan untuk melakukan pengamanan pada pelaksanaan acara. Personel ini akan disebar ke beberapa titik, seperti lokasi yang menjadi objek VVIP dan rute-rute yang akan dilewati tamu ini.

"Nantinya, titik-titik atau lokasi yang menjadi atensi juga akan disiagakan personel untuk pengamanan," jelas dia.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

[vidio:Persiapan Ngunduh Mantu Bobby-Kahiyang di Medan - Liputan6 Siang] (https://www.vidio.com/watch/1166917-persiapan-ngunduh-mantu-bobby-kahiyang-di-medan-liputan6-siang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini