Sukses

Begini Ornamen Ritual Adat Haroan Boru Kahiyang dan Bobby

Prosesi pesta adat Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu bergaya khas mandailing dan angkola akan dilaksanakan 24-26 November mendatang.

Fokus, Medan - Prosesi pesta adat Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tinggal menghitung hari. Bagi mempelai, ada dua pelaminan yang disiapkan untuk pesta adat dan resepsi yang berlangsung 24-26 November. Satu pelaminan berada di dalam rumah, dan satu lainnya dibangun dalam tenda utama yang pembangunannya masih terus dikebut.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (20/11/17), pelaminan bergaya khas Mandailing dan angkola di dalam rumah Bobby digunakan pada ritual haroan boru atau menyambut menantu perempuan dan manyantan boru.

Pelaminan tersebut menjadi tempat duduk pasangan suami istri bila prosesi makkobar atau berbincang antar raja adat dan sidang adat usai. Warna merah, hitam, dan keemasan yang mendominasi pelaminan beratap rumah adat Mandailing menjadi simbol kekuasaan, kepemimpinan, martabat, dan kesejahteraan.

Dalam prosesi ini, semua orang duduk di tikar adat yang berlapis-lapis. Banyaknya jumlah lapis tikar jadi simbol utuhnya kelengkapan prosesi adat yang akan dijalani.

Pada Selasa (21/11/2017) akan dilangsungkan pemberian marga Siregar bagi Kahiyang Ayu. Rumah salah satu paman Bobby pun disiapkan. Pemberian marga bagi Kahiyang Ayu dimaksudkan sebagai perekat dua latar suku dan budaya pengantin yang berbeda.