Sukses

Pilkada Bangkalan, Sahabat HZ Deklarasi Secara Marathon

Deklarasi Marathon digelar untuk meyakinkan partai politik agar memberikan rekomendasi pada Hasani Zubair sebagai calon bupati

Liputan6.com, Bangkalan - Sahabat HZ bikin rekor jelang Pilkada Kabupaten Bangkalan 2018. Mereka menggelar deklarasi dukungan tiap hari tanpa henti berpindah-pindah antarkecamatan.

HZ merupakan singkatan nama Hasani Zubair, Ketua GP Ansor Bangkalan. Sahabat HZ sebutan untuk pendukung Hasani Zubair.

Deklarasi pertama dimulai dari Kecamatan Socah, Rabu, 14 November lalu. Setelah itu, secara berturut-turut, deklarasi mendukung Ra Hasani digelar di Kecamatan Kota Bangkalan, Arosbaya, Burneh dan Kamal.

"Hingga kini sudah lima kecamatan gelar deklarasi dukungan, ini akan terus berlanjut hingga delapan belas kecamatan, tanpa henti," kata Koordinator Sahabat HZ Bangkalan, Ji Aziz, Senin (20/11/2017).

Deklarasi marathon itu, kata Aziz, digelar agar partai politik tidak ragu memberikan rekomendasi kepada Hasani Zubair. Apalagi hingga saat ini, belum satu pun partai politik yang resmi mengeluarkan rekomendasi untuk Pilkada Bangkalan.

"Gerakan kami ini murni inisiatif sendiri, kami ingin parpol tahu bahwa HZ punya tim yang paling solid, sehingga layak direkomendasi," ujar dia.

Deklarasi Sahabat HZ digelar sederhana. Tiap deklarasi dihadiri sekitar 50 hingga 100 orang lebih. Menurut Aziz, meski tak banyak orang, namun mereka yang hadir merupakan tokoh masyarakat, kiai kampung, tokoh blateran, guru madrasah, tokoh pemuda, aktivis hingga mahasiswa.

Deklarasi di Kecamatan Kamal sejauh ini paling banyak dihadiri peserta sekitar 400 orang. Tak hanya tokoh masyarakat, sejumlah pengurus partai politik dan jakipung (jaringan kiai kampung) turut hadir dan jadi penggerak deklarasi.

"Saya kenal Ra Hasani, sosoknya santun dan sederhana. Beliau akan jadi pemimpin yang tak lupa kacang pada kulitnya," kata KH As'ad Yusuf , sesepuh Jakipung Kamal.

Meski partai politik belum mengeluarkan rekomendasi terkait calonnya di pilkada Bangkalan, namun secara umum telah tergambar arah dukungan partai politik meski masih sebatas klaim. Berdasarkan peta itu diperkirakan Pilkada Bangkalan akan diikuti tiga pasang calon.

Calon pertama akan diusung koalisi Gerindra, PPP dan Golkar. Kedua koalisi Hanura, Demokrat dan PAN. Ketiga koalisi PDI Perjuangan, PKB, PKS dan Nasdem.

Koalisi pertama telah diklaim oleh kandidat pasangan Abdul Latief-Mohni. Koalisi kedua kemungkinan mendukung pasangan Farid Alfauzi-Sudarmawan.

Koalisi ketiga inilah yang diperebutkan banyak calon. Mereka yang berpeluang adalah KH Imam Buchori, Hasani Zubair, KH Nasih Aschal, Bir Aly, Mondir Rofi'i dan Fatkhurrahman. Salah satu calon terkuat di koalisi ketiga ini adalah Ketua GP Ansor Bangkalan, Hasani Zubair untuk mendapat rekomendasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini