Sukses

Waspadai Cuaca Buruk di Wilayah Ini dalam 4 Hari ke Depan

Cuaca buruk tersebut diprediksi berlangsung pada 20-24 November 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang akan menyapa sejumlah wilayah di Indonesia. Cuaca buruk tersebut diprediksi berlangsung pada 20-24 November 2017.

"Diperkirakan dalam beberapa hari ke depan terdapat potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangannya, Senin (20/11/2017).

Wilayah yang akan disapa cuaca tersebut adalah Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung.

"Selain itu, Pesisir Selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan NTB," ujar dia.

Selain itu, lanjut Mulyono, wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan.

"Sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," kata dia.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • cuaca buruk