Sukses

Pernikahan Bobby-Kahiyang Tingkatkan Penjualan Ulos di Medan

Meningkatnya pembelian ulos Tapanuli Selatan juga dipengaruhi tren busana yang dikenakan Bobby-Kahiyang pada foto-foto pre-wedding.

Liputan6.com, Medan - Pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu di Medan, Sumatera, akan berlangsung dalam adat Mandailing. Salah satu hal yang penting dalam rangkaian upacara adat ini adalah kain ulos.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Senin (20/11/2017), Nur Wahidah, pengrajin ulos tenun kasuksak menerima pesanan ulos yang akan dikenakan keluarga Bobby dan panitia pesta adat 24 dan 25 November mendatang.

Sebanyak 14 penenun di galeri milik Nur Wahidah bekerja mulai pertengahan Oktober lalu, menyelesaikan kain tenun yang keseluruhan berukuran 2,5 kali 1,1 meter.

Tenunan yang dipesan bermotif sadum angkola Tapanuli, yang dimodifikasi untuk dikombinasikan dengan corak berciri melayu.

Ada tiga warna yang menjadi pesanan keluarga Bobby, masing-masing berwana kuning emas, biru elektrik serta biru tosca, semuanya berbahan semi sutra. Setiap helai ulos dihargai Rp 650 ribu.

Pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu juga meningkatkan penjualan ulos di Medan, Sumatera Utara. Salah satu galeri ulos di Jalan Selamat, Medan Amplas mendapatkan banyak pesanan ulos Tapanuli Selatan, seperti sadum angkola dan abit godang.

Meningkatnya pembelian ulos Tapanuli Selatan juga dipengaruhi tren busana yang dikenakan Bobby dan Kahiyang pada foto-foto pre-wedding, maupun pada prosessi pernikahan di Solo.

Meski tidak banyak pembelinya yang menjadi undangan pesta Bobby-Kahiyang di Medan, pesanan ulos justru berdatangan dari wisatawan lokal yang antusias menyambut acara penikahan Bobby dan Kahiyang.

Sementara itu, sejumlah penjahit telah mendapat pesanan menjahit pakaian kerabat Bobby Nasution, khusus untuk pria. Kain jahitan merupakan kolaborasi songket tenun bercorak khas Tapanuli Selatan, untuk dijadikan jas dan kain pelikat pada acara adat 24 dan 25 November mendatang.

Sebanyak 33 potong jasa jahitan yang diterima merupakan sebagian dari kebutuhan seragam keluarga besar dan panitia pesta resepsi. Salah satu pakaian yang tengah dalam tahap penyelesaian adalah motif ulos khas Tapanuli Selatan, seragam khusus panitia resepsi adat.