Sukses

Tak Ada Korban Jiwa dalam Evakuasi Warga di Tembagapura Papua

Tim gabungan Polri dan TNI mengevakuasi ratusan warga Tembagapura dengan berjalan kaki karena jalanan di sana masih rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan Polri dan TNI mengevakuasi ratusan warga Tembagapura, Papua. Ratusan warga tersebut diketahui sebelumnya disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Dalam evakuasi itu, tidak ada korban jiwa.

"Tidak ada satu masyarakat pun yang menjadi korban. Mudah-mudahan evakuasi yang dilaksanakan ke Tembagapura dapat berjalan lancar, aman, dan selamat," kata Panglima Daerah Militer XVII Cenderawasih Mayor Jenderal George Elnadus Supit dalam keterangan video yang disampaikan Divisi Humas Polri, Jumat (17/11/2017).

Dia mengatakan, saat tiba di lokasi penyekapan, warga menyambut gembira tim gabungan Polri dan TNI tersebut.

George menambahkan, sebenarnya mereka sudah menyiapkan kendaraan untuk evakuasi ke Tembagapura. Akan tetapi, ada beberapa titik jalan yang dirusak oleh KKB dengan menggunakan alat berat yang sebenarnya disediakan untuk membuat jalan.

"Sehingga jalan sangat rusak dan tidak bisa akan dilewati kendaraan sehingga evakuasi dilakukan bertahap menuju (Mapolsek) Tembagapura dengan berjalan kaki," kata George.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar menambahkan, bersama dengan Pangdam (Panglima Daerah Militer XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal George Elnadus Supit) dan Asops Kapolri (Asisten Operasi Kapolri Irjen M. Iriawan) melakukan evakuasi dengan jalan kaki karena jalan rusak sedang diperbaiki.

"Oleh karena itu kita berharap nanti semua teman kita di sini membantu pengamanan di jalan dan mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar mereka ini bisa kembali dengan selamat di kampungnya masing-masing," lanjut Boy dalam video tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bebaskan 356 Warga

Anggota Satuan Tugas Terpadu berhasil mengevakuasi warga sipil yang ada di perkampungan Tembagapura antara lain di Kampung Banti dan Kimbeli di wilayah distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat (17/11/2017).

Evakuasi warga yang sebelumnya dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Ayub Waker berhasil dievakuasi oleh satgas terpadu yang dipimpin langsung Komandan Satuan Brimob Polda Papua, Kombes Mathius D. Fakhiri, sekitar pukul 09.30 WIT.

Sebelumnya, upaya evakuasi yang dilakukan sempat mendapat perlawanan dari pihak KKB. Namun, anggota yang diterjunkan tersebut berhasil menguasai wilayah yang diduduki Kelompok Kriminal Bersenjata.

Setelah wilayah berhasil dikuasai, personel beserta rombongan pasukan lainnya langsung menuju lokasi penahanan warga sipil. Mereka kemudian mengevakuasi warga secara bertahap.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.