Sukses

Penyidik KPK Datang ke Ruang Rawat Setya Novanto Dikawal Brimob

Lantai tempat Setya Novanto dirawat sudah disterilkan dengan penjagaan ketat dari pihak pengamanan rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuju ruang lantai tiga RS Medika Permata Hijau, tempat dirawatnya tersangka kasus e-KTP Setya Novanto.

Pantauan Liputan6.com, pukul 10.30 WIB, Jumat (17/11/2017), penyidik berbaju batik lengan panjang tersebut datang dengan pengawalan dua anggota Brimob lengkap dengan senjata laras panjang.

Awak media yang mengejar tidak mendapat akses. Lantai tempat Setya Novanto dirawat sudah disterilkan dengan penjagaan ketat dari pihak pengamanan rumah sakit.

Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, dr Bimanesh Sutarjo, juga telah melakukan pertemuan internal dengan tim KPK dan pengacara Novanto, Fredrich Yunadi.

Pantauan di lokasi, dokter Bimanesh telah memeriksa kesehatan Novanto pukul 06.00 WIB. Sekitar 10 menit, dokter langsung membicarakan kondisi Novanto secara internal bersama tim dokter dan tim penyidik dari KPK. 

Pembicaraan tersebut berlangsung selama 50 menit. Tak lama setelahnya, pengacara Novanto, Frederich Yunandi, bergantian melakukan pembicaraan internal dengan dokter Bimanesh.

Sekuriti rumah sakit tak membolehkan adanya kamera dan hanya dua media tulis saja yang diizinkan masuk sebagai perwakilan. Pantauan di lokasi, pembicaraan terjadi selama hampir 60 menit di ruang terpisah dengan ruang perawatan Novanto.

Saat Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menjenguknya, penyidik KPK pun masih terus mengawasi Ketua DPR itu.

Namun, menurut Idrus, meski penyidik berada di ruangan Setya Novanto , mereka tak meminta keterangan Ketua Umum Partai Golkar itu atas kasus e-KTP.

"Enggak ada (pemeriksaan). Belum, kan masih berbaring. KPK juga tahu kapan bisa ditanya kapan tidak. Ada mekanismenya dan teman KPK pasti akan bekerja profesional, saya yakin itu," ujar Idrus.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Setya Novanto

Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, dr Bimanesh Sutarjo, yang merawat Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, kondisi tersangka kasus korupsi e-KTP ini sudah mulai pulih.

"Ini kebetulan ada pasien masuk. Keadaanya gawat tadi malam. Sekarang kita lihat alhamdulillah pagi ini atas izin Allah, kita berikan pengobatan, pelan-pelan memulih," kata dokter Bimanesh di RS Medika Permata Hijau.

Dokter spesialis penyakit dalam ini mengatakan, pemulihan Setya Novanto tergantung istirahat, jenis penyakitnya, dan tergantung obat-obatannya.

"Tapi saya perhatikan secara umum ada pemulihan. Setelah pemulihan ini sudah cukup bagi pasien untuk berobat jalan, kita izinkan pulang. Simple saja," kata dia.

Setya Novanto masuk rumah sakit. Ia dirawat di RS Medika Permata Hijau, menyusul kecelakaan yang menimpanya pada Kamis malam, 16 November 2017 sekitar pukul 19.00 WIB.

Mobil Fortuner B 1732 ZLQ yang ditumpanginya naik ke trotoar di Jalan Permata Berlian. Bagian depan kendaraan itu penyok-peyok, sementara tiang listrik yang ditabraknya masih tegak berdiri, hanya posisinya yang bergeser.

Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.