Sukses

600 Polisi Amankan Ngunduh Mantu di Rumah Besan Jokowi

Besan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar acara Ngunduh Mantu di kediaman keluarga Bobby Nasution di Medan

Liputan6.com, Medan - Besan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar acara Ngunduh Mantu di kediaman keluarga Bobby Nasution. Rencananya, Ngunduh Mantu digelar di Perumahan Setia Budi Bukit Hijau Regency (BHR), Medan, Sumatera Utara, pada 24-26 November 2017.

Untuk membantu pengamanan acara Ngunduh Mantu dari besan Presiden, Polrestabes Medan akan menurunkan kurang lebih 600 personel. Nantinya, personel dari Polrestabes Medan ini bergabung dengan petugas keamanan dari TNI.

"Persiapan untuk pengamanan pesta terus diintensifkan dalam rapat yang digelar lintas instansi. Kami selalu diundang dalam rapat koordinasi pengamanan. Sampai saat ini kita masih menyusun rencana pelibatan kekuatan. Koordinasi mengenai personel, kami di bawah Polda Sumut," kata Wakapolrestabes Medan, AKB Tatan Dirsan Atmaja, Medan, Kamis 9 November 2017.

Menurut dia, personel Polrestabes Medan nantinya ditugaskan untuk membantu pengamanan di seputar area lokasi pesta, hingga pengamanan untuk membantu kelancaran kegiatan pada titik-titik yang akan dilalui Presiden Jokowi dan rombongan selama kegiatan.

"Personel kita ditempatkan pada jalur perlintasan, mulai dari lokasi kedatangan, perjalanan di jalan raya. Bisa saja kita melakukan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran acara," Tatan menjelaskan.

Sesuai dengan tupoksinya, jajaran Polri saat ini sudah mulai melakukan peningkatan keamanan di Kota Medan jelang kedatangan Presiden Jokowi, seperti melakukan kegiatan cipta kondisi. "Itu merupakan salah satu tupoksi kami dalam menciptakan kamtibmas," Tatan menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberian Marga

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution selesai melakukan semua rangkaian prosesi pernikahan di Solo, Jawa Tengah. Kedua mempelai pun akan melakoni sejumlah rangkaian prosesi pernikahan di Medan, Sumatera Utara.

Perwakilan keluarga Bobby, Erwan Nasution, mengatakan setelah keluarga besarnya kembali ke Medan pada Kamis sore nanti, kedua pengantin akan menyusul berangkat ke Medan pada 19 November 2017‎.

"Rencananya nanti keluarga di Medan akan menyambut kedatangan pengantin pada tanggal itu," kata Erwan di Solo, Kamis (9/11/2017).

Setelah tiba di Medan, ucap dia, akan dilaksanakan upacara pemberian marga kepada Kahiyang Ayu pada 21 November 2017. Prosesi pemberian marga akan diawali dengan keluarga Nasution yang akan meminta kepada keluarga Siregar supaya Kahiyang Ayu diberi marga.

"Nanti ‎dari keluarga Nasution meminta kepada pihak Siregar untuk memintakan marga Siregar kepada Kahiyang, karena marga ibu kandung Bobby itu Siregar (Ade Hanifah Siregar)," ucap dia.

Kemudian prosesi dilanjutkan pada 23 November dengan menggelar prosesi potong kerbau. Hanya saja Erwan belum tahu jumlah kerbau yang akan dipotong.

"Jumlahnya belum tahu karena nanti di sana segala etnis akan diundang untuk memeriahkah acara ini. Mungkin nanti marga Hasibuan, Lubis, atau marga lainnya di Mandailing akan memberikan kerbau‎," ujar dia.

Prosesi upacara akan dilakukan dengan penyambutan keluarga Presiden Jokowi dan pasangan pengantin pada 24 November. Prosesi tersebut dalam adat Mandailing dinamakan mangalo alo mora.

"Dalam prosesi itu untuk menyambut kedatangan menantu dan Presiden," ujar dia.

Kemudian pesta pernikahan Kahiyang-Bobby akan dilakukan pada 26 November 2017. "Semua rangkaian acara itu mulai dilakukan dari tanggal 19-26 November 2017," kata Erwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.