Sukses

Ini Penampakan Graha Saba Buana Usai Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution selesai melakukan semua rangkaian prosesi pernikahan di Solo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Solo - Setelah pesta pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, gedung Graha Saba Buana sepi. Hanya ada beberapa pekerja yang membersihkan dan mencopoti tenda pernikahan Kahiyang-Bobby.

Pantauan Liputan6.com, kesibukan terlihat ketika para pekerja mulai mencopoti tenda yang terpasang di halaman Graha Saba Buana pagi tadi. Setelah bagian depan gedung, kini pekerja sedang sibuk melepas tenda yang terpasang di sisi selatan gedung.

Truk-truk terlihat keluar masuk halaman gedung milik Presiden Jokowi itu untuk mengangkut tenda yang telah dilepas. Selama proses bongkar tenda, tidak terlihat adanya pengamanan dari petugas keamanan.

Tak hanya itu, meja dan kursi tamu sudah diberesi. ‎Begitu juga dengan photo booth yang digunakan ajang swafoto tamu pernikahan. Para pekerja juga sudah membereskannya.

Suasana yang sama juga terlihat di sekitar kediaman Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo. Saat prosesi midodareni hingga resepsi pernikahan, di jalan depan rumah Presiden dipasangi tenda yang memanjang hingga mulut gang di Jalan Letjen Soeprapto.

Sejak Kamis pagi, sejumlah pekerja sibuk membongkar tenda yang berdiri di mulut gang Jalan Kutai Utara menuju jalan raya. Hingga siang ini, pekerja masih mencoba menyelesaikan pembongkaran tenda yang terpasang di sepanjang jalan gang tersebut.

Pembongkaran tenda di kediaman pribadi Presiden ditunggui oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Petugas bersenjata berjaga di depan rumah Presiden yang menjadi pos pengamanan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ngunduh Mantu

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution selesai melakukan semua rangkaian prosesi pernikahan di Solo, Jawa Tengah. Kedua mempelai pun akan melakoni sejumlah rangkaian prosesi pernikahan di Medan, Sumatera Utara.

Perwakilan keluarga Bobby, Erwan Nasution, mengatakan setelah keluarga besarnya kembali ke Medan pada Kamis sore nanti, kedua pengantin akan menyusul berangkat ke Medan pada 19 November 2017‎.

"Rencananya nanti keluarga di Medan akan menyambut kedatangan pengantin pada tanggal itu," kata Erwan di Solo, Kamis (9/11/2017).

Setelah tiba di Medan, ucap dia, akan dilaksanakan upacara pemberian marga kepada Kahiyang Ayu pada 21 November 2017. Prosesi pemberian marga akan diawali dengan keluarga Nasution yang akan meminta kepada keluarga Siregar supaya Kahiyang Ayu diberi marga.

"Nanti ‎dari keluarga Nasution meminta kepada pihak Siregar untuk memintakan marga Siregar bagi Kahiyang, karena marga ibu kandung Bobby itu Siregar (Ade Hanifah Siregar)," ucap dia.

Kemudian prosesi dilanjutkan pada 23 November dengan menggelar prosesi potong kerbau. Hanya saja Erwan belum tahu jumlah kerbau yang akan dipotong.

"Jumlahnya belum tahu karena nanti di sana segala etnis akan diundang untuk memeriahkah acara ini. Mungkin nanti marga Hasibuan, Lubis, atau marga lainnya di Mandailing akan memberikan kerbau‎," ujar dia.

Prosesi upacara akan dilakukan dengan penyambutan keluarga Presiden Jokowi dan pasangan pengantin pada 24 November. Prosesi tersebut dalam adat Mandailing dinamakan mangalo alo mora.

"Dalam prosesi itu untuk menyambut kedatangan menantu dan Presiden," ujar dia.

Kemudian pesta pernikahan Kahiyang-Bobby akan dilakukan pada 26 November 2017. "Semua rangkaian acara itu mulai dilakukan dari tanggal 19-26 November 2017," kata Erwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.