Sukses

Ini Prosesi Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu di Medan

Upacara pemberian marga kepada Kahiyang Ayu akan dilaksanakan pada 21 November 2017.

Liputan6.com, Solo - Kahiyang Ayu-Bobby Nasution selesai melakukan semua rangkaian prosesi pernikahan di Solo, Jawa Tengah. Kedua mempelai pun akan melakoni sejumlah rangkaian prosesi pernikahan di Medan, Sumatera Utara.

Perwakilan keluarga Bobby, Erwan Nasution, mengatakan setelah keluarga besarnya kembali ke Medan pada Kamis sore nanti, kedua pengantin akan menyusul berangkat ke Medan pada 19 November 2017‎.

"Rencananya nanti keluarga di Medan akan menyambut kedatangan pengantin pada tanggal itu," kata Erwan di Solo, Kamis (9/11/2017).

Setelah tiba di Medan, ucap dia, akan dilaksanakan upacara pemberian marga kepada Kahiyang Ayu pada 21 November 2017. Prosesi pemberian marga akan diawali dengan keluarga Nasution yang akan meminta kepada keluarga Siregar supaya Kahiyang Ayu diberi marga.

"Nanti ‎dari keluarga Nasution meminta kepada pihak Siregar untuk memintakan marga Siregar kepada Kahiyang, karena marga ibu kandung Bobby itu Siregar (Ade Hanifah Siregar)," ucap dia.

Kemudian prosesi dilanjutkan pada 23 November dengan menggelar prosesi potong kerbau. Hanya saja Erwan belum tahu jumlah kerbau yang akan dipotong.

"Jumlahnya belum tahu karena nanti di sana segala etnis akan diundang untuk memeriahkah acara ini. Mungkin nanti marga Hasibuan, Lubis, atau marga lainnya di Mandailing akan memberikan kerbau‎," ujar dia.

Prosesi upacara akan dilakukan dengan penyambutan keluarga Presiden Jokowi dan pasangan pengantin pada 24 November. Prosesi tersebut dalam adat Mandailing dinamakan mangalo alo mora.

"Dalam prosesi itu untuk menyambut kedatangan menantu dan Presiden," ujar dia.

Kemudian pesta pernikahan Kahiyang-Bobby akan dilakukan pada 26 November 2017. "Semua rangkaian acara itu mulai dilakukan dari tanggal 19-26 November 2017," kata Erwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simbol Keindahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan seorang pria Batak bernama Bobby Nasution. Kedua keluarga berbahagia meski berbeda suku.

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mengatakan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution ini merupakan simbol dari keindahan Tanah Air.

"Itu kan keindahan Indonesia, di mana sudah beratus-ratus tahun, perkawinan antarsuku sudah berjalan," ujar Gatot, di Solo, Rabu, 8 November 2017.

Dia pun berharap kedua mempelai dapat membina keluarga yang harmonis dan berbahagia. Dia juga mendoakan agar keduanya cepat memperoleh keturunan.

"Menjadi sakina mawadah warahmah dan memberikan keturunan anak yang berbakti pada agama, negara, dan berbakti kepada kakek nenek. Sekali lagi selamat berbahagia," kata dia usai resepsi Kahiyang Ayu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.