Sukses

Kominfo Kerjasama dengan BNN Tumpas Narkoba

Narkoba menjadi ancaman nyata bagi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Narkoba menjadi ancaman nyata bagi Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasionall (BNN) pada 2014 tercatat tingginya prevalensi pengguna barang terlarang tersebut yang telah mencapai 4,2 juta penduduk Indonesia.

Dari total itu di antaranya, 1,6 juta jiwa sebagai coba pakai, 1,4 juta jiwa teratur pakai, dan sisanya pecandu narkoba. Dari angka tersebut membuat Presiden Joko Widodo menginstrusikan bahwa Indonesia Darurat Narkoba.

Merujuk data itu, bahwa banyak generasi muda sebagai pengguna narkoba. Alhasil, jika dibiarkan Indonesia akan terancam tidak mempunyai generasi penerus atau muda. Lost generation.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Budi Waseso menyebutkan bahwa dari hasil penelitian pada 2016, diperoleh fakta yang mencengangkan, bahwa 1,9% kelompok pelajar dan mahasiswa, atau 2 dari 100 pelajar atau mahasiswa menyalahgunakan narkoba.

Namun demikian, pemberantasan narkoba bukan hanya pekerjaan BNN. Menurut Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistiandriatmoko perlu adanya sinergi antar lapisan mulai dari masyarakat sampai ke pemerintah.

Maka dari itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika ikut turut aktif dalam pemberatasan narkoba di Indonesia.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Gun Gun Siswadi mengatakan bahwa Indonesia Darurat Narkoba perlu adanya upaya darurat yang perlu ditanggulangi agar masyarakat Indonesia terbebas dari barang haram tersebut. Bahkan, ancaman kehilangan generasi mungkin terjadi di Indonesia.

“Ancaman itu nyata, maka dari itu perlu adanya peran aktif dalam upaya pencegahan narkoba. Hal itu bisa dimulai dari keluarga dan semua lapisan masyarakat,” tutur Gun Gun Siswadi usai ditemui Liputan6.com, Rabu (1/11/2017).

Mengenai narkoba, lanjut dia, menurut data BNN jenis narkoba di dunia sudah beragam, bahkan sampai 635 jenis narkoba baru. Bukan tak mungkin, Indonesia adalah pasar penyebaran jenis-jenis narkoba tersebut.

“Kami bekerjasama dengan BNN untuk memberantas narkoba di Indonesia. Caranya, kami membuat sosialisasi ke daerah-daerah Indonesia untuk memberikan pengetahuan mengenai narkoba,” imbuh Gun Gun Siswadi.

Ia melanjutkan, daerah-daerah yang sudah didatangi untuk sosialisasi oleh Kominfo dan BBN antara lain, Toraja, Purwokerto, Yogyakarta dan sebagainya.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.