Sukses

Jejak Keluarga Setya Novanto di Perusahaan Peserta Tender E-KTP

Keluarga Setya Novanto punya peran di perusahaan peserta tender e-KTP, dari anak hingga istrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT Murakabi Sejahtera Deniarto Suhartono, mengakui keluarga Ketua DPR RI Setya Novanto memiliki saham di perusahaan tersebut. PT Murakabi merupakan salah satu konsorsium yang ikut tender proyek e-KTP.

"Saya baru tahu nama-namanya (keluarga Setya Novanto) baru-baru ini dari akta yang ditunjukan penyidik," ujar Deniarto di Pengadilan Topikor, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017).

Ia dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam kasus korupsi e-KTP. Di hadapan majelis hakim, Deniarto mengakui bahwa mayoritas saham Murakabi dikuasai oleh PT Modalindo Graha Perdana.

Menurut Deniarto, pemegang saham di PT Murakabi berkali-kali mengalami perubahan nama. Pertama dimiliki oleh Irvanto Hendra Pambudi yang merupakan keponakan Setya Novanto, kemudian dimiliki oleh Reza Herwindo yang merupakan anak dari Setnov.

Terakhir, saham dimiliki oleh Deisti Astriani, istri dari Novanto. Selain itu, menurut Deniarto, putri Setya Novanto, Dwina Michaela juga memiliki saham di PT Murakabi Sejahtera.

"Dwina itu anaknya Pak Novanto. Saya tahu juga dari akta yang ditunjukan penyidik," kata Deniarto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hakim Heran

Mendengar hal tersebut, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor John Halasan Butar Butar merasa heran.

"Perusahaan begitu banyak karyawan cuma dua orang, di lantai yang sama. Alamakk," kata John.

Dalam sidang pada Jumat 3 November 2017 lalu, terkuak bahwa Setya Novanto merupakan komisaris di PT Modalindo Graha Perdana. Pria yang kerap disapa Setnov tersebut mengakui hal tersebut saat dicecer oleh Jaksa KPK Abdul Basir.

"Saya komisaris di sana tahun 2000 sampai 2002," terang Setnov.

Diketahui, PT Murakabi Sejahtera dan PT Modalindo sama-sama berkantor di Lantai 27 Gedung Menara Imperium, Kuningan, Jakarta. Kantor tersebut dimiliki oleh Setya Novanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.