Sukses

Mengintip Ruang Akad Nikah Kahiyang-Bobby

Dalam lokasi acara pernikahan Kahiyang-Bobby, ornamen kayu-kayu menghiasi gedung ini.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan menggelar hajatan pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu. Pernikahan digelar di Graha Sabha Buana, tempat yang sama digunakan saat putra Jokowi, Gibran, menikah. Namun begitu, ruang akad yang digunakan berbeda.

Gibran Rakabuming Raka mengikat janji suci dengan mantan Putri Solo, Selvi Ananda, di Graha Sabha Buana. Acara yang berlangsung pada 11 Juni 2015 itu digelar di bagian depan Graha Sabha Buana.

Graha Sabha Buana merupakan gedung milik keluarga Presiden Jokowi. Gedung pertemuan yang beralamat di Jalan Letjen Suprapto nomor 80 B, Sumber Banjarsari, ini dibangun pada 2002. Bangunan ini memiliki luas 4.000 meter persegi.

Melongok ke dalam lokasi acara, ornamen kayu-kayu menghiasi gedung ini. Bagian depan bangunan, di kanan kirinya, terdapat ada ruangan. Bagian kanan merupakan ruangan transit, sementara kiri difungsikan sebagai kantor Chilli Pari. Akad nikah Gibran dulu digelar di ruangan transit itu.

Pada 8 November 2017, adik Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dipersunting oleh lelaki keturunan Batak, Bobby Nasution. Pernikahan juga digelar di Graha Saba Buana.

Berbagai persiapan sudah disiapkan, termasuk menyebar undangan. Namun, untuk lokasi akad berbeda saat pernikahan nanti.

Gibran Rakabuming Raka, juru bicara keluarga Presiden, mengungkapkan akad akan digelar di ruangan inti Graha Sabha Buana. Pemilihan itu tak lain karena banyaknya jumlah tamu yang akan menghadiri ijab kabul pernikahan Kahiyang-Bobby.

"Nanti di dalam (akad nikahnya). Ya, pertimbangannya jumlah tamu yang hadir lebih banyak (dibandingkan dengan ijab nikah Gibran dan Selvi)," ucap Gibran yang merupakan pemilik usaha catering Cilli Pari ini, Jumat, 3 November 2017.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitting Baju

Semua persiapan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sudah hampir rampung. Termasuk melakoni fitting akhir baju pernikahannya. Kahiyang akan menggunakan dua konsep busana pernikahan pada acara puncak, Rabu, 8 November mendatang.

Pada saat resepsi pertama, Kahiyang akan mengenakan busana Jawa Solo klasik. Lantas, ketika resepsi kedua akan mengenakan busana adat kebesaran Solo. Kahiyang Ayu akan dipoles layaknya Puteri Keraton Solo dengan mengenakan busana dodot basahan.

Konsep pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sendiri adalah Jawa klasik. Oleh sebab itu, sebelum akad nikah digelar beberapa prosesi, mulai dari siraman dan midodareni. Dalam prosesi ini tentu ada busana yang menyertainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.