Sukses

Hadir di CFD, Menkominfo Ingatkan Registrasi Kartu Prabayar

Rudiantara juga mengingatkan tanpa registrasi akan ada pemblokiran secara bertahap mulai 28 Februari 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menghadiri ajang Siberkreasi Netizen Fair 2017 di kawasan car free day Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Saat memberikan sambutan, Menkominfo mengingatkan kepada netizen akan pentingnya registrasi kartu prabayar.

"Siapa yang belum registrasi kartu prabayar?" tanya Rudiantara kepada warga yang hadir, Minggu (5/11/2017).

Dengan serentak pengunjung yang rata-rata merupakan pelajar serentak mengaku belum melakukan registrasi. Menkominfo kemudian mengingatkan cara registrasi yang tidak sampai memakan waktu satu menit.

"Yang digunakan cuma Nomor Induk Kependudukan (NIK), kalau sudah ada e-KTP itu nomor KTP. Dan pakai nomor Kartu Keluarga (KK) semua rumah tangga di Indonesia punya itu," ujar dia.

Rudiantara menjelaskan, dengan registrasi ini dapat menurunkan tawaran negatif yang diterima oleh masyarakat melalui layanan pesan singkat atau SMS yang selama ini mengganggu pengguna ponsel.

Tak hanya itu, Rudiantara juga mengingatkan tanpa registrasi akan ada pemblokiran secara bertahap mulai 28 Februari 2018. Sehingga kegiatan untuk bermedia sosial masyarakat akan terhambat.

"Biar kita enggak banyak terima tawaran kredit seperti ibu-ibu, padahal punya uang tapi tertarik adanya kredit. Terus seperti SMS 'mama minta pulsa'," jelas Rudiantara.

Siberkreasi merupakan Gerakan Nasional Literasi Digital yang sebenarnya sudah diluncurkan pada 25 September 2017. Tak hanya itu, Siberkreasi hadir dalam bentuk festival pada 27-29 Oktober 2017 di JI-EXPO Kemayoran.

Salah satu peserta acara, Syarief asal Rawamangun mengaku dengan acara Siberkreasi ini akan terus mencoba mendaftarkan ulang kartu prabayarnya.

"Masih gagal-gagal terus ini, tapi masih coba lagi soalnya penting buat memerangi konten negatif, apalagi di media sosial," kata Syarief.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi Registrasi Kartu Prabayar

Siberkreasi Netizen Fair 2017 digelar di kawasan CFD Jalan Sudirman, Jakarta Selatan ditanggapi antusias masyarakat. Mereka yang hadir terlihat dari berbagai pelajar dan masyarakat umum yang ikut tumpah di acara yang diselenggarakan sejak pukul 06.00 WIB itu.

Pantauan Liputan6.com, terdapat beberapa pihak yang terlibat seperti Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan berbagai komunitas lainnya.

Dalam acara tersebut juga diselenggarakan berbagai permainan yang sekaligus untuk mengingatkan kepada masyarakat akan memerangi konten-konten negatif.

Kegiatan ini pun digunakan Rudiantara sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya registrasi kartu prabayar.

"Registrasi secepatnya, ini sekaligus untuk menurunkan konten negatif. Jangan asal kirim konten ke orang lain," kata Rudiantara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.