Sukses

KPK Pertimbangkan Periksa Ahok-Djarot dalam Korupsi Reklamasi

KPK mendalami keterlibatan korporasi dalam korupsi reklamasi. Sekda Pemprov DKI telah diperiksa.

Liputan6.com, Jakarta - KPK tengah mendalami keterlibatan korporasi dalam korupsi reklamasi pulau di utara Jakarta. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif tidak menampik kemungkinan KPK memeriksa mantan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

"Belum tahu, belum tahu (pemanggilan Ahok-Djarot). Tapi kalau penyidik atau penyelidik kami menganggap penting, pihak-pihak yang dianggap mengetahui akan dimintai keterangan," kata Laode Syarif di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Dalam pengambangan kasus reklamasi ini, KPK sudah memeriksa Sekda Pemprov DKI Saefullah pada Jumat, 27 Oktober 2017. Dasar panggilan pemeriksaan terhadap Saefullah, yakni surat perintah penyelidikan, Nomor Sprin.Lidik-75/01/07/2017 tanggal 25 Juli 2017 dengan objek penyelidikannya, yakni korporasi.

Namun, Laode Syarif tak mau merinci apa yang didalami dan korporasi mana yang tengah dibidik KPK. "Itu masih pengembangan kasus yang lama. Iya. (Pengembangan ke korporasi) itu salah satu yang dipikirkan," ujar Laode Syarif.

Salah satu yang tengah didalami pihak KPK terkait reklamasi Pulau G. Izin pelaksanaan Pulau G dikantongi oleh PT Muara Wisesa Samudera yang juga anak usaha PT Agung Podomoro Land.

Perkara ini sudah lebih dulu menjerat mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja, mantan Anggota DPRD Mohamad Sanusi, dan anak buah Ariesman, Trinanda Prihantoro. Ketiganya telah divonis bersalah terkait suap pembahasan Raperda Reklamasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Uno Tolak Berkomentar

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tak mau memberikan tanggapan terkait kasus dugaan korupsi reklamasi yang tengah diselidiki KPK. Salah satu yang didalami oleh lembaga antirasuah terkait reklamasi Pulau G.

"Kalau soal itu (penyelidikan) saya enggak mau komentar," ujar Sandi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 29 Oktober 2017.

Penyelidikan baru kasus tersebut mencuat saat KPK memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Saefullah pada Jumat, 27 Oktober 2017 kemarin.

Terkait pemeriksaan Saefullah di KPK, Sandi juga tak mau berkomentar. Dia hanya tersenyum kepada awak media ketimbang memberikan pernyataan terkait hal tersebut.

"Saya enggak mau komentar soal itu," kata Sandiaga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.