Sukses


Zulfikli Hasan Minta Metode Dakwah Agama Terus Diperbaharui

Ketua MPR : Pesan Agama Bisa Disampaikan Lewat Budaya

Liputan6.com, Yogyakarta Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menghadiri Milad ke-lima Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji di Sleman, Yogyakarta, Minggu (29/10/2017). Kehadirannya disambut pimpinan Ponpes, Gus Miftah, dan iring-iringan tarian tradisional Yogyakarta.

Ponpes Ora Aji Sleman selama ini dikenal sebagai Pesantren yang menggabungkan pendekatan agama dan kebudayaan. Pendekatan budaya dilakukan melalui wayangan, pertunjukan musik, sampai Reog Ponorogo.

Dalam sambutannya, Zulkifli menyebut kebudayaan sebagai bagian dari cara, pola, dan perilaku sehari-hari. Karena itu, pesan agama pun bisa disampaikan lewat budaya.

“Syiar agama itu mengajak dan bukan memaksa. Merangkul dan bukan memukul. Melalui kebudayaan, pesan-pesan agama bisa lebih mudah dipahami masyarakat,” ujarnya.

Zulkifli pun meminta Ponpes Ora Aji untuk terus memperbaharui pendekatan dakwah Islamnya agar mudah diterima masyarakat.

“Walisongo misalnya, sudah mencontohkan akulturasi agar Islam lebih mudah diterima masyarakat. Sekarang waktunya syiar agama bisa lebih mudah diterima generasi muda zaman now itu,” ucapnya.

Gus Miftah menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Ketua MPR Zulkifli Hasan.

“Terima kasih atas kehadiran Bang Zul di rangkaian milad Ora Aji. Mohon doa semoga Ora Aji bisa terus berbenah untuk menyebarkan manfaat,” kata dia.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini