Sukses

OPM Bakar Kamp Pendulang Emas dan Pos Brimob di Tembagapura Papua

Dibakarnya kamp dan Pos Brimob membuat para pendulang emas dan pegawai kesehatan mengungsi.

Liputan6.com, Mimika - Kampung Utikini, Distrik Banti di Tembagapura, Papua, hingga kini suasananya mencekam. Kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) di bawah pimpinan Sabinus Waker, hingga Jumat pagi, 27 Oktober 2017, membakar kamp-kamp milik pendulang emas tradisional dan Pos Brimob di kampung ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (28/10/2017), pembakaran ini merupakan rentetan teror yang telah terjadi selama tiga hari ini di Kampung Uikini.

Rawannya situasi membuat para pegawai kesehatan setempat mengungsi ke Tembagapura dengan menggunakan dua mobil ambulans.

Kendaraan ini sebetulnya sempat terjaring penyisiran yang dilakukan kelompok bersenjata itu, akan tetapi paramedis ini lalu diperbolehkan jalan.

Rombongan pegawai kesehatan ini akhirnya tiba di Mapolsek Tembagapura pada tengah hari dan langsung diwawancarai polisi.

Dibakarnya kamp itu membuat para pendulang mengungsi ke permukiman warga. Polisi dan tentara sendiri disebut masih kewalahan untuk memindahkan para pendulang dan warga.

Kelompok Sabinus Waker ini juga mengirimkan surat kepada Kapolres Mimika, yang berisi niat kelompok bersenjata ini untuk menggelar operasi sejak 24 September hingga 20 Oktober di areal tambang PT Freeport Indonesia.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • OPM Bakar Kamp

  • Liputan6SCTV

  • Liputan 6 Pagi