Sukses

Polisi Selamatkan 5 Wanita Asal Jabar dari Perdagangan Manusia ke Malaysia

Mereka diberangkatkan ke Malaysia melalui jalur Medan, Sumatera Utara.

Patroli Indosiar, Medan - Lima wanita asal Jawa Barat lolos dari tindak perdagangan manusia saat akan berangkat ke Malaysia. Sementara tiga pelaku berhasil dibekuk, sedangkan dua pelaku utama masih buron.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Selasa (24/10/2017), niat hati ingin mengubah hidup, namun malah nyaris jadi korban penipuan dan perdagangan manusia. Itulah yang dialami lima wanita asal Jawa Barat.

Sindikat perdangan manusia diduga telah lama beroperasi dengan memberangkatkan Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke Malaysia melalui Medan, Sumatera Utara. Polisi menemukan ratusan buku paspor calon korban yang diiming-imingi perkerjaan.

Para korban direkrut dari berbagai kota di Jawa Barat seperti Garut, Ciamis dan Bandung. Kemudian ditampung dalam sebuah kamar apartemen di kawasan Cibubur.

Belakangan terkuak, mereka yang diberangkatkan ke Malaysia tidak pernah bekerja seperti yang dijanjikan. Sebaliknya malah dijerumuskan dalam dunia hitam prostitusi, asisten rumah tangga dengan gaji tak layak hingga pelayan seks.

Tiga pelaku saat ini masih dimintai keterangan, polisi juga tengah memburu otak pelaku sindikat tersebut.