Spanduk Provokatif Muncul Pasca-Penolakan Panglima TNI Masuk AS

Oleh Rinaldo pada 24 Okt 2017, 02:29 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Spanduk berwarna putih dengan tulisan 'Pulangkan Warga Amerika dari Indonesia' terpasang di pinggir Jalan Kemang Selatan VIII, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin, 23 Oktober 2017.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Selasa (24/10/2017), spanduk provokatif itu terpasang sehari setelah beredarnya kabar bahwa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak memasuki Amerika Serikat (AS).

Padahal, kepergian Gatot Nurmantyo ke negara tersebut adalah dalam rangka memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Joseph F Durford JR.

Terkait hal ini, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Wiranto juga sudah meminta klarifikasi terkait penolakan Gatot Nurmantyo masuk ke AS.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi mengatakan Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Joseph Donovan, telah menyampaikan permohonan maaf atas insiden. Wakil Dubes AS untuk Indonesia, Erin Elizabeth Mckee, juga sudah datang ke Kantor Kementerian Luar Negeri untuk menegaskan hal yang sama.