Sukses

5 Hari di TMII, Gerai Kemendagri Layani 22 Ribu Permohonan E-KTP

Menurut Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah, pemohon tidak hanya dari Jawa tapi juga dari berbagai wilayah lain.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki hari kelima, stan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di ajang Nusantara Expo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terus dipadati ribuan pengunjung. Hampir seluruh pengunjung yang datang minta dibuatkan KTP elektronik atau E-KTP.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Senin (23/10/2017), pihak Dirjen Dukcapil di stan ini semula hanya melayani pengecekan data E-KTP. Akan tetapi, membeludaknya permintaan warga yang meminta dibuatkan E-KTP membuat petugas terpaksa melayani dan kewalahan.

Terlebih, pada hari terakhir stan pelayanan dibuka. Antrean warga makin panjang dan saling berebutan minta pelayanan.

Data pihak Direktorat Dukcapil Kemendagri dan Dinas Dukcapil Jakarta dan Tangerang Selatan mencatat, selama stan pelayanan itu dibuka, petugas menerima sekitar 22 ribu permohonan pembuatan E-KTP, sedangkan enam ribu di antaranya dari warga luar DKI Jakarta dengan terbanyak dari wilayah penyangga Ibu Kota.

Menurut Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah, pemohon tidak hanya dari tanah Jawa, tapi juga dari berbagai wilayah lain. Tak semua permohonan E-KTP juga bisa dicetak karena terkait validitas data pemohon.