Polda Sumut Tangkap 2 Terduga Teroris Simpatisan ISIS

Oleh Rinaldo pada 22 Okt 2017, 07:15 WIB

Liputan6.com, Medan - Polisi Medan tangkap 2 terduga simpatisan dan pendukung ISIS. Dua orang berinisial FR asal Pardamean Sigambal, Labuhanbatu dan AF yang tinggal di Jalan Sultan Alammudinsyah, Pekan Baru, dibawa petugas ke Mapolres Labuhanbatu, dengan pengawalan ketat.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Minggu (22/10/2017), penangkapan terhadap keduanya terjadi saat polisi menggelar razia rutin di Jalan Lintas Sumatera. AF yang berkendara dari Kota Pinang menuju Kota Rantau Prapat, diberhentikan petugas karena tidak memasang pelat nomor kendaraan di sepeda motornya,.

Bukannya mengaku bersalah, AF justru memarahi petugas yang menghentikan motornya. Tersangka malah mengaku sebagai simpatisan ISIS, bersama temannya FR, yang tinggal di Kelurahan Pardamean, Kota Rantau Prapat.

Polisi yang menggeledah rumah FR, menemukan beberapa dokumen terkait ISIS seperti bendera dan buku-buku terkait khilafah. Polisi kemudian mengamankan FR dan istrinya untuk dimintai keterangan.

Sejumlah personel tim penjinak bom Brimob Polda Sumut masih menjaga ketat rumah kontrakan yang dihuni keluarga FR. Penggeledahan juga diperluas hingga kebun sawit, sekitar kediaman FR serta pos polisi, tempat razia lalu lintas dilakukan.

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpaw membenarkan jika anggotanya telah mengamankan dua orang atas dugaan sebagai pendukung jaringan teroris.

Kedua terduga teroris kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Labuanbatu, Sumatera Utara.