Sukses

Sandiaga: Saya Enggak Mau Komentari Lagi Soal Reklamasi

Sandiaga Uno dikonfrontir dengan pernyataan rekan sejawatnya di Gerindra M Taufik terkait reklamasi. Begini reaksinya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mulai enggan mengomentari pertanyaan soal reklamasi. Ia menegaskan menolak berkomentar soal isu tersebut.

"Saya enggak komentari lagi soal reklamasi," kata Sandiaga usai menghadiri acara Conference of Indonesia Foreign Policy di The Kasablanka, Jakarta, Sabtu (21/10/2017).

Jawaban itu ia lontarkan ketika ditanya perihal pernyataan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik. Taufik, yang merupakan kader Gerindra, menyebut soal reklamasi bisa didiskusikan lagi.

Sandi sendiri merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra. Pernyataan Taufik kontras dengan janji masa kampanye Anies-Sandi yang tegas menolak reklamasi.

Taufik, menyebut reklamasi bisa diakomodir dengan perubahan tata ruang di pulau-pulau yang ada. Sebab, pengaturan tata ruang dapat diubah berdasarkan kesepakatan eksekutif dan legislatif.

Dia menjelaskan, dengan perubahan itu pulau-pulau reklamasi dapat lebih memberi manfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Misalnya dengan pengubahan fungsi, tadinya fungsi huni, jadi fungsi apa. Tadinya nelayan enggak terakomodir, misalkan akomodir nelayan," papar dia.

Namun, Taufik mengembalikan kewenangan tersebut kepada Anies-Sandi.

Sandi sendiri menyatakan akan bertemu Presiden Jokowi untuk membahas reklamasi.

"Menunggu. Beliau. Kita diberi waktu, itu nanti akan diberi tahu," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.