Sukses

Setya Novanto Usulkan RUU Pembinaan Ideologi Pancasila

Nantinya, kata Novanto, RUU itu mengatur tentang wajib mengamalkan Pancasila sebagai prinsip nilai yang menjiwai dalam setiap UU.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengusulkan Rancangan Undang-Undang tentang Pembinaan Ideologi Pancasila. Menurutnya, hal ini diperlukan mengingatkan tantangan ideologi dewasa ini semakin kompleks.

"Globalisasi terutama di bidang teknologi dan informasi begitu cepat, menjadikan semakin cepatnya pertukaran-pertukaran ideologi. Oleh karena itu, saya usulkan di forum ini agar kiranya ‎diumuskan wacana RUU tentang pembinaan ideologi Pancasila," kata Novanto di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Nantinya, kata Setya Novanto, RUU itu mengatur tentang wajib mengamalkan Pancasila sebagai prinsip nilai yang menjiwai dalam setiap perundang-undangan, baik pusat maupun daerah.

Dia menuturkan, wajib hukumnya untuk mengamalkan Pancasila di seluruh lembaga baik formal, maupun informal. Serta pembinaan ideologi Pancasila yang lebih terarah dan terukur.

"Oleh karena itu harus kita hadapi dengan mencari formulasi yang tepat. Pancasila harus disosialisasikan, bukan hanya di sekolah, tapi juga ke semua elemen bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara harus dijiwai setiap aturan perundang-undangan dalam kebijakan negara," tegas Setnov.

Dia mengungkapkan, perjuangan untuk mewujudkan ideologi dalam menyusun UU dan seluruh kebijakan negara bukan perkara mudah.

"Oleh karena itu, Golkar menempatkan politik legislasi sebagai perwujudan ideologi Pancasila ‎dan konstitusi UUD 45," tandas Setnov.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.