Sukses

Petugas Temukan 1 dari 3 Korban yang Tertimpa Longsor di Jember

Sementara ayah dan ibu Faris hingga saat ini belum ditemukan karena kendala cuaca dan medan berat.

Liputan6.com, Jember - Setelah dua hari melakukan pencarian, petugas akhirnya menemukan satu dari tiga korban satu keluarga yang tertimbun longsor di Jember, Jawa Timur. Korban tewas yang berhasil dievakuasi dari timbunan tanah setebal 2 meter adalah Fariz berusia 5 tahun. 

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (18/10/2017), petugas menemukan jenazah Fariz terhimpit bongkahan kayu. Petugas masih mencari dua korban lainnya yakni ayah dan ibu Fariz.

Jalur menuju lokasi bencana sendiri sempat tertutup beberapa lama, setelah sebuah truk pengangkut eskavator nyaris terguling dan menutup badan jalan. Truk tidak kuat saat menaiki jalur tanjakan menuju lokasi.

Sementara pencarian pada Rabu mulai melibatkan peralatan lebih lengkap termasuk bantuan mobil pemadam kebakaran untuk menggemburkan tanah dan unit khusus anjing pelacak Polda Jatim.

Cuaca tak menentu dan tinggi lumpur yang mencapai 4 meter menyulitkan pencarian korban. Petugas pun meminta warga untuk menjauh dari lokasi karena khawatir terjadi longsor susulan.

Peristiwa longsor terjadi di Dusun Kedung Liyer, Desa Jambesari, Sumberbaru, Jember, pada Senin, 16 Oktober 2016 malam. Tebing setinggi 30 meter tiba-tiba ambles dan longsor mengarah ke pemukiman warga. Dua rumah di antaranya bahkan rata dengan tanah.

Dari 10 orang yang terjebak, 7 warga berhasil selamat, sementara 3 warga lainnya yang merupakan satu anggota keluarga tertimbun tanah longsor.