Sukses

KPK Kembali Tak Penuhi Panggilan Pansus Hak Angket

KPK tak hadir karena sedang menunggu proses judicial review (JR) keabsahan Pansus Angket di Mahkamah Konstitusi.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) DPR kembali memanggil lembaga antirasuah. Namun, KPK kembali tidak hadir.

Menurut Ketua Pansus Hak Angket Agun Gunandjar, pihaknya sudah berkirim surat kepada KPK.

"Hari ini KPK tidak hadir. Seperti 12 Oktober, sudah kirim surat yang kedua," ujar Agun di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Menurut dia, pemanggilan KPK ini untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi terkait empat hal, yaitu kelembagaan, kewenangan, sumber daya manusia atau SDM, dan anggaran.

"Seharusnya hari ini, (tapi) kami terima surat balasan dari KPK tidak bisa datang," kata dia.

Terkait alasannya, Agun menjelaskan, KPK sedang menunggu proses judicial review (JR) keabsahan Pansus Hak Angket di Mahkamah Konstitusi. Dalam judicial review ini, KPK menjadi pihak yang terkait.

"Alasannya untuk menghormati proses hukum, tidak bisa hadir," jelas Agun.

Meski begitu, sambungnya, Pansus Hak Angket kembali menunda rapat hingga KPK dapat hadir memenuhi panggilan. "Pansus tetap menunggu, sampai KPK hadir," jelas Agun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.